Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Singkawang bersama Dinas Perhubungan dan Satuan Lalu Lintas Polres setempat melakukan persiapan integrasi CCTV kota Singkawang dengan Provinsi Kalbar, untuk memaksimalkan layanan perhubungan dan arus lalu lintas di kota itu.

"Hal ini menindaklanjuti arahan Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji pada peresmian Telematics Control Management (TCM) Room yang membahas integrasi CCTV Kota Singkawang dengan Provinsi Kalimantan Barat,” kata Kepala Bidang E-Governmet dan Telematika Dinas Kominfo, Evan Ernanda di Singkawang, Rabu.

Baca juga: Singkawang maksimalkan aplikasi pemerintahan dengan TCMR

Evan mengatakan, ada 30 CTTV yang dapat memantau persimpangan jalan di Kota Singkawang dan yang sudah terintegrasi dengan Provinsi Kalbar sebanyak 24 CCTV.

"Dan ada CCTV baru yang sudah terpasang yang akan diintegrasikan kembali dengan Provinsi Kalbar," katanya.

Selain itu, perlunya kesamaan persepsi untuk tata kelola CCTV Kota yang berkaitan dengan SOP dan hak akses administrator.

Baca juga: Aksi pencuri pakaian bertopeng plastik kresek terekam CCTV

Kasat Lantas Polres Singkawang, AKP Syaiful Bahri mengatakan, tentang lalu lintas dan angkutan jalan telah diatur dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya yang didalamnya juga mengatur tentang Sistem Informasi dan Komunikasi Lalu Lintas.

"Untuk itu, kita siap untuk mengintegrasikan CCTV yang dikelola Polres Singkawang termasuk yang berasal dari swadaya dari masyarakat.
Saya berharap, dengan integrasi CCTV, hak akses juga kerjasamakan dengan forum lalu lintas," katanya.

Sementara, Kasi Manajemen Rekayasa Transportasi Darat Dinas Perhubungan, Febry Setiawan mengatakan, mendukung integrasi CCTV pantau Kota, dengan integrasi.

Baca juga: Toko swalayan diminta pasang kamera pengintai

Menurutnya akan memudahkan Dinas Perhubungan dalam memonitor dan melakukan rekayasa jalan-jalan di Kota Singkawang.

"Kami sangat mendukung adanya integrasi CCTV ini. Tentu akan memudahkan dalam memonitor dan melakukan rekayasa lalu lintas,"

Baca juga: Polisi temukan penyebab kematian seorang guru IPA dari rekaman CCTV
Baca juga: Singkawang tambah 10 CCTV di jalan umum
Baca juga: Legislator Singkawang Harapkan Lebih Banyak Pemasangan CCTV

   

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020