Pontianak (Antaranews Kalbar) - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Singkawang terus menambah CCTV untuk di pasang di setiap persimpangan jalan bahkan pusat keramaian yang ada di Kota Singkawang.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Singkawang, Ahyadi di Pontianak, Selasa, mengatakan, tahun ini akan ada penambahan CCTV sebanyak 10 unit.

"Penambahan 10 CCTV ini akan kita fokuskan di setiap persimpangan jalan dan pusat keramaian," kata Ahyadi.

Saat ini, ke sepuluh CCTV itu sedang dalam proses pengadaan dan mungkin dalam waktu dekat ini sudah bisa di pasang.

"Untuk pemasangannya nanti akan kita koordinasikan dulu dengan Polres dan Dishub. Karena secara fungsional yang banyak menggunakan CCTV ini adalah kedua instansi tersebut, sedangkan kita hanya sebagai pendukung fasilitas peralatan saja," ujarnya.

Secara keseluruhan, akan ada sebanyak 18 CCTV yang terpasang di Kota Singkawang. Karena, sebelumnya Diskominfo Singkawang sudah memasang sebanyak 8 CCTV.

"Dimana 8 CCTV yang sudah terpasang kemarin saat ini sudah terkoneksi dengan Polres Singkawang. Seperti pada perayaan Imlek dan Cap Go Meh kemarin, sudah bisa di pantau melalui CCTV," ungkapnya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Singkawang, Sumastro mengatakan, untuk menjalankan fungsional Dishub melalui CCTV pihaknya membutuhkan perangkat yang bisa terkoneksi langsung ke alat kamera pengingai tersebut.

"Untuk layar monitor kami sudah punya, jadi tinggal perangkatnya saja," katanya.

Dengan adanya perangkat seperti mikrofon, akan memudahkan pihaknya untuk menegur pengendara yang salah dalam berlalu lintas. "Jadi tinggal gimana Diskominfo dengan Perhubungan mau bunyi di mana," ujarnya.

Karena, melalui CCTV yang terpasang juga akan memudahkan pihaknya untuk memantau rambu-rambu lalu lintas, PJU, Trafick Light, daerah rawan laka, dan lain sebagainya.

"Semua akan kita padukan terutama yang menyangkut dengan tupoksi di Perhubungan," katanya.

Baca juga: Pemkot Pontianak Tambah CCTV Di Jalan Umum

Pewarta: Rendra Oxtora/Rudi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018