Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang meluncurkan Telemathics Control Management Room (TCMR) untuk memaksimalkan sejumlah aplikasi pemerintahan yang ada di kota itu dalam rangka meningkatkan layanan kepada masyarakat.

"Dalam program ini terdapat sejumlah aplikasi seperti aplikasi portal Singkawang Kota, aplikasi Sihebat, aplikasi lowongan kerja Singkawang (loker kite) dan aplikasi data kite (satu data Singkawang)," kata Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie di Singkawang, Kamis.

Pemkot Singkawang juga melakukan penandatanganan komitmen penyelenggaraan SPBE, satu data Singkawang, lapor dan PPID serta penyerahan Master Plain Teknologi Informasi dan Komunikasi tahun 2019 hingga 2027 dan launching internet gratis untuk masyarakat Singkawang.

Baca juga: Kota Pontianak sediakan 4000 lowongan kerja


Dia mengemukakan, sebagaimana diketahui, jika program yang diluncurkan ini adalah berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 tahun 2019 tentang satu data di Indonesia.

"Sehingga, diluncurkanlah program ini yang berisikan tentang informasi dan berita-berita terupdate khususnya di Kota Singkawang," ujarnya.

Baik yang mengenai kegiatan Wali Kota, Wakil Wali Kota dan seluruh kegiatan organisasi perangkat daerah yang di lingkungan Pemkot Singkawang.

"Sehingga, melalui aplikasi ini dapat membantu Pemkot Singkawang dalam menyebarluaskan informasi dan mempermudah masyarakat dalam mendapatkan informasi apapun," ungkapnya.


Baca juga: Ribuan lowongan kerja tersedia job fair Pontianak

Dalam kesempatan itu pula, Tjhai Chui Mie melakukan Video Conference bersama Gubernur Kalbar, Sutarmidji dan Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan yang saat itu sedang berada di Kota Pontianak.

Tjhai Chui Mie juga melakukan Video Conference bersama masyarakat Singkawang Timur dan petugas Kecamatan Singkawang Barat.

"Apa yang kita lakukan adalah semata-mata untuk mewujudkan Singkawang sebagai Kota Smart City," sebutnya.

Ketua DPRD Singkawang, Sujianto mengapresiasi Pemkot yang telah meluncurkan program tersebut.

Baca juga: Kayong Utara buka lowongan 65 Pegawai Tidak Tetap


"Program seperti ini cukup berat dan membutuhkan biaya yang lumayan besar. Tapi, melalui program ini, pemerintah bisa mengawasi kondisi masyarakat melalui CCTV," katanya.

Semoga melalui program yang diluncurkan, dapat membuat Pemkot Singkawang bergerak cepat dalam menindaklanjuti segala aspirasi yang disampaikan masyarakat Singkawang.


Baca juga: Facebook Uji Coba Fitur Lowongan Kerja
Baca juga: Bursa Kerja Pontianak 2016 Sediakan 2.380 Lowongan
Baca juga: Bursa Kerja Pontianak Sediakan Empat Ribu Lowongan
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020