Usai melakukan kegiatan peluncuran fitur baru Telkomsel yang di beri nama aplikasi SiCerdas, Manager Mass Market Segmen Sales Operation Kalimantan, Asrianto Bakri Sitti memaparkan bahwa
tawarkan aplikasi SiCerdas tentunya berdasarkan identifikasi sebelumnya.

"Peluncuran aplikasi SiCerdas ini tentu telah mengikuti perkembangan terkini. Dan, kami tentu telah menyesuaikan dengan kebutuhan siswa maupun sekolah, dalam menunjang kemajuan dunia pendidikan termasuk yang ada di Kalbar," kata Asrianto Bakri Sitti di Pontianak, Sabtu.

Ia mengatakan didalam aplilasi SiCerdad ada sekitar 10 aplikasi yaitu absen online, ulangan, ujian, dan nilai online, pengumuman online, izin online, literasi online, membuat SIM, KTP, dan Passport online, daftar universitas, melamar Pekerjaan online dan Gubernur Menyapa juga secara online.

Menurutnya, absen online, absen ini menggunakan teknologi GPS, sehingga siswa hanya bisa mengisi presensi pada radius titik koordinat yang ditentukan sekolah. Absen ini akan langsung mengirimkan notifikasi ke orang tua siswa untuk memberitahu bahwa anak tersebut sudah berada di sekolah. Kemudian, absen juga dapat dilakukan untuk setiap mata pelajaran yang dilakukan oleh setiap guru mata pelajaran.

"Jadi, setiap siswa yang sudah mempunyai akun di SiCerdas maka secara otomatis datanya akan masuk di akun guru mata pelajaran yang kemudian mengabsen setiap murid dengan menggunakan smartphone atau laptop," katanya.

Kemudian, ulangan, ujian, dan nilai online ini merupakan aplikasi SiCerdas yang mulai diterapkan dengan sistem online untuk ulangan, ujian dan perolehan nilai. Begitu juga untuk pengumuman online, mempermudah pihak sekolah jika akan mengirimkan informasi atau pengumuman dan pesan tersebut langsung ternotifikasi ke semua siswa.

"Begitu juga untuk izin online, fitur ini khusus untuk orang tua/wali murid ketika akan mengirimkan surat izin kepada pihak sekolah. Sementara aplikasi literasi online, dimana siswa maupun guru akan dimudahkan dengan daftar referensi yang ada seperti perpustakaan online," katanya.

Aplikasi SiCerdas ujarnya lagi juga dapat untuk membuat SIM, KTP, dan Passport. Dengan begitu siswa SMA/SMK dan umumnya bagi masyarakat dapat membuat SIM, KTP dan Passport lewat SiCerdas.

"Saat ini fungsi fitur ini masih dalam proses kerjasama dengan instansi terkait sehingga nantinya memberi kemudahan siswa dalam mengurus pembuatan dokumen–dokumen penting," katanya.

SiCerdas ini kata Asrianto, juga dapat untuk mendaftar ke universitas, bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan mereka dapat melihat informasi universitas serta mendaftar di universitas pilihan mereka lewat aplikasi SiCerdas.

Sementara untuk para pencari kerja aplikasi melamar pekerjaan juga bisa dilakukan dengan online , siswa juga dapat melamar pekerjaan lewat aplikasi SiCerdas. Terdapat daftar/informasi lowongan pekerjaan yang tersedia bagi siswa/i yang akan melamar pekerjaan.

"Tidak hanya itu melalui aplikasi SiCerdas ini juga digunakan sebuah aplikasi gubernur menyapa juga secara online, merupakan fitur baru dimana Gubernur Kabar dapat berbicara langsung melalui live streaming maupun video conference," katanya.

Menurut Asrianto, para pengguna aplikasi ini adalah siswa, para guru dan orang tua. Untuk melakukan pendaftaran, siswa dapat mendownload aplikasi SICERDAS LINK di Playstore kemudian membuat akun username dengan nomor kartu Telkomsel. Orang tua juga wajib men-download aplikasi ini di playstore dan melakukan registrasi dengan menggunakan nomor kartu Telkomsel agar dapat mengakses semua layanan di aplikasi ini. Sedangkan bagi guru, akun akan dibuatkan oleh IT di masing-masing sekolah yang dapat diakses melalui aplikasi maupun browser.

"Guru juga tidak akan menginput apapun karena semuanya akan diinput oleh IT sekolah, sedangkan data siwa akan secara otomatis masuk ketika siswa membuat akun. Sehingga, siswa akan membuat datanya sendiri ketika pertama kali mendaftar dengan memasukkan nama, memilih sekolah, kelas serta mata pelajaran," katanya.

Ia menambahkan, untuk siswa yang tidak memiliki smartphone android tetap dapat mempunyai akun dengan cara akan dibuatkan IT sekolah dengan menyerahkan nama, kelas, nomor telkomsel dan email siswa.

Secara khusus ujarnya, Telkomsel bekerjasama dengan Favorit Kita Indonesia untuk mengembangkan aplikasi ini agar dapat digunakan oleh sekolah di Kalbar secara gratis. Didukung dengan infrastruktur jaringan Telkomsel tersebar di seluruh wilayah Kalbar.

"Hadirnya mobile school application ini diharapkan mampu mencetak generasi muda yang kreatif, inovatif dan memberikan solusi bagi pengembangan sekolah dan merupakan bagian dari smartcity pemerintahan setempat yang tentunya sudah bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Kalbar. Orangtua dan siswa akan mendapat lebih banyak mendapat informasi secara aktif dan cepat dari Sekolah melalui notifikasi," katanya.

Aplikasi SiCerdas juga memberikan live report kepada Gubernur dan Dinas Pendidikan Kalbar serta kepala sekolah. Sehingga semua data yang masuk akan tersimpan dengan baik dan menjadi database sekolah.

"Beragam fitur pada aplikasi SiCerdas ini akan terus dikembangkan berdasarkan kebutuhan setiap sekolah (customize). Selain di Kalbar, aplikasi SiCerdas juga sudah mulai digunakan dibeberapa sekolah di Banjarmasin Kalsel," pungkasnya.

 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020