Personel Satuan Sabhara Polres Bengkayang, Polda Kalimantan Barat mulai rutin melakukan patroli dialogis di Pasar Bengkayang untuk memberikan rasa aman dan ketertiban masyarakat saat berbelanja maupun berjualan.

"Patroli ini kami lakukan setiap hari oleh personel Sat Sabhara. Kita ingin mewujudkan kamtibmas di pasar dan di lingkungan kita," ujar Kanit I Dalmas Polres Bengkayang Aiptu Asep Ramdani saat dihubungi, di Bengkayang, Jumat.

Ia menjelaskan pihaknya saat patroli memberikan imbauan kepada pedagang dan pembeli yang melaksanakan transaksi untuk selalu waspada akan aksi 3C (Curi, Curat, Curas) yang mungkin saja bisa terjadi di daerah tersebut.

"Anggota mengingatkan kepada masyarakat, hendaknya mengamankan barang milik pribadi dengan aman, seperti handphone ataupun dompet. Hal ini untuk mencegah terjadi kejahatan," kata dia pula.

Sebelum anggota melaksanakan patroli, tidak lupa Kasat Sabhara mengingatkan kepada anggotanya untuk selalu lakukan 3S (Senyum, Sapa, Salam) kepada masyarakat. Juga selalu waspada ketika berada di keramaian, untuk tidak sendiri dalam berjalan (minimal 2 orang) ketika melakukan patroli.

Pihaknya juga mengimbau di tengah wabah COVID-19 untuk mematuhi protokol kesehatan, sehingga dapat menghindari atau memutus rantai penyebaran COVID-19.

"Masyarakat diminta untuk terus memakai masker, cuci tangan dan menjaga pola hidup bersih dan sehat, sehingga terhindar dari wabah COVID-19. Semua pihak berperan aktif untuk memutus rantai wabah ini," katanya pula.

Satu di antara pedagang di pasar tersebut, Dedi mengatakan bahwa kehadiran kepolisian di tengah masyarakat sangat diharapkan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

"Turut merasa senang dan aman akan kehadiran anggota kepolisian yang melaksanakan patroli. Kami berharap agar anggota kepolisian rutin melakukan patroli seperti ini," kata dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020