Pemerintah Kabupaten Kubu Raya mulai menyalurkan bantuan sosial pemerintah bagi warga terdampak pandemi COVID-19.

"Proses penyaluran bantuan sosial dari pemerintah untuk masyarakat di Kabupaten Kubu Raya mulai berlangsung. Terdiri atas beberapa skema, bantuan akan disalurkan ke seluruh kecamatan secara bertahap," kata Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kubu Raya, Yusran Anizam, di Sungai Raya, Rabu.

Dia mengatakan, penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dilakukan bekerja sama dengan Bank BNI dan distribusi Bantuan Sosial Tunai (BST) dilakukan bekerja sama dengan PT Pos Indonesia.

"Alhamdulillah secara umum proses penyaluran kartu BNI untuk BPNT berjalan baik. Kemudian untuk BST yang akan didistribusikan oleh Kantor Pos juga persiapannya telah dimulai dengan baik. Hari ini desa-desa sudah mulai mengambil undangan untuk warganya mendapatkan bantuan tersebut," katanya.

Yusran mengatakan, sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial, warga Kubu Raya yang akan menerima bantuan sebanyak 64.144 keluarga, yang meliputi 15 ribu keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH), 27 ribu keluarga penerima BST, dan sekitar 30 ribu keluarga penerima BPNT.

"Selebihnya nanti akan mendapatkan bantuan langsung tunai dana desa sebanyak sekitar 100 kepala keluarga setiap desanya," katanya.

Di samping itu, menurut dia, ada warga yang akan menerima bantuan makanan pokok dari Pemerintah Kabupaten Kubu Raya. 

"Insya Allah dari 169 ribu kepala keluarga di Kubu Raya, sekitar 100 ribunya akan menerima bantuan dari berbagai skema tadi. Insya Allah ini sudah melebihi dari jumlah penduduk miskin di Kabupaten Kubu Raya," katanya.

Baca juga: PT CUS dan JV salurkan 2250 paket sembako
Baca juga: ANTAM salurkan bantuan tahap 2 untuk penanganan COVID-19 di Sanggau
Baca juga: Masjid Mujahidin Sanggau salurkan bantuan beras dan uang tunai
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020