Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) Ria Norsan menekankan kepada KPU yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di tujuh kabupaten di provinsi tersebut pada Desember 2020 mendatang untuk menerapkan protokol kesehatan ketat agar masyarakat dan penyelenggara terhindar dari paparan COVID-19.

"Kami dari Pemprov Kalbar berharap kepada para penyelenggara pilkada baik KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten dan Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilu) Kabupaten yang turut serta dalam pelaksanaan Pilkada 2020 di tujuh kabupaten di Wilayah Provinsi Kalbar agar dapat melaksanakan tugas dengan baik dan benar sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Ria Norsan di Pontianak, Kamis.

Menurutnya, Pemprov Kalbar siap menyukseskan pemilihan kepala daerah serentak dan akan mendorong agar penyelenggara pilkada serentak di daerah bisa menerapkan protokol kesehatan ketat.

Baca juga: Penyelenggara Pemilu di Kapuas Hulu akan jalani rapid tes

"Untuk itu, kita minta agar KPU di daerah bisa menguatkan sinergi dengan Pemda setempat, dalam mendukung kesiapan teknis pemilihan kepala daerah di kabupaten masing-masing, karena situasi COVID-19 yang menjadi tantangan kita saat ini adalah disiplin melaksanakan protokol kesehatan pada tiap tahapan pilkada," tuturnya.

Menurutnya, tantangan ini bukan hanya dalam tahapan pilkada, tetapi di setiap aktivitas masyarakat, sehingga semua wajib mematuhi protokol kesehatan untuk melindungi diri dan orang lain.

Ria Norsan juga mengingatkan kepada KPU kabupaten beserta jajarannya untuk melakukan koordinasi yang intensif dengan Bawaslu dalam mencermati serta melakukan pengawasan pilkada serentak.

"Pada hasil perhitungan suara, biasanya menimbulkan kerawanan ataupun kecurangan maka dari itu pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten perlu mempersiapkan secara cermat dan sungguh-sungguh dalam menginventarisasi permasalahan yang kemungkinan akan timbul dan harus ditangani pada saat pelaksanaan pilkada," katanya.

Untuk itu, dirinya berharap agar apa yang direncanakan saat pilkada dapat berjalan dengan lancar, aman, tertib dan menghasilkan pemimpin yang berkualitas.

Baca juga: Pilkada ditengah pandemi COVID - 19 Kapuas Hulu miliki 804 TPS
Baca juga: Pasien COVID - 19 tetap memiliki hak pilih dengan perlakuan khusus
Baca juga: Polres Sintang siap kerahkan 500 personel amankan Pilkada serentak
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020