Puluhan pengendara kendaraan bermotor yang hilir mudik di sekitar pusat perbelanjaan Kota Sukabumi, Jawa Barat dijatuhi sanksi tilang oleh petugas Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Sukabumi Kota, Selasa (28/7), karena melanggar aturan berlalulintas.

"Operasi Patuh Lodaya yang kami gelar hari ini (28/7) ada 55 pengendara kendaraan bermotor yang dikenakan sanksi tilang karena terbukti melanggar aturan lalu lintas," kata Kasat Lantas Polres Sukabumi Kota AKP Atik Suswanti di Sukabumi, Selasa (28/7).

Pelanggaran yang dilakukan pengendara tersebut, yakni melanggar marka jalan, tidak menggunakan alat keselamatan berkendaraan (helm), melawan arah dan tidak membawa surat kelengkapan berkendaraan, seperti SIM serta STNK

Baca juga: Sebanyak 67 pengendara disanksi E-tilang
Baca juga: Polda Kalbar catat 27.016 pelanggaran dalam Operasi Zebra Kapuas 2019

Tidak hanya sebatas diberikan surat tilang, beberapa pengendara sepeda motornya harus disita sementara karena tidak dilengkapi SIM dan STNK.

Dia mengatakan langkah tegas itu untuk meningkatkan kesadaran pengendara dalam mematuhi aturan berlalulintas demi mencegah terjadinya kecelakaan, kemacetan, dan lain-lain.

Selama ini, terjadinya kasus kecelakaan lalu lintas karena kelalaian pengendara dan tidak menaati aturan.

"Ini sekaligus menjadi pembelajaran bagi masyarakat, betapa riskan dan bahayanya saat ada pengendara ada yang melawan arus, besar kemungkinan bisa terjadi kecelakaan dan tentunya tidak hanya membahayakan dirinya sendiri tetapi pengguna jalan lainnya," katanya.

Selain memberikan sanksi tilang, pihaknya memberikan teguran terhadap 245 pengendara.yang berpotensi melanggar peraturan lalu lintas.

Selain itu, pada masa pandemi COVID-19, pihaknya juga tidak hanya sebatas menggelar Operasi Patuh Lodaya tetapi sekaligus ikut menyosialisasikan tentang adaptasi kebiasaan baru agar warga menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Baca juga: 1.301 pengendara terjaring operasi Zebra Kapuas 2019 di Singkawang
Baca juga: 8.394 kendaraan ditilang pada hari kedua Operasi Zebra
Baca juga: Kendaraan luar kota tetap terjaring sistem tilang elektronik
 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020