Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Kalbar dalam pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2020 menggandeng Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) setempat baik provinsi maupun kota atau kabupaten menghadirkan produk premium hasil pelaku UMKM di daerah itu.

"Dalam rangka mendorong UMKM di Kalbar menjadi kekuatan baru perekonomian nasional, Bank Indonesia kembali menyelenggarakan acara KKI
yang ke- 5 di tahun 2020. Kali ini terbatas dan kita menghadirkan produk premium hasil pelaku UMKM Kalbar," ujar Kepala Perwakilan BI Provinsi Kalimantan Barat Agus Chusaini saat pembukaan KKI yang digelar di Pendopo Gubernur Kalbar, Senin.

Ia menjelaskan bahwa KKI yang tahun ini hadir secara virtual dibagi tiga sesi yakni pertama pada tanggal 28 - 30 Agustus mengusung tema "Sinergi untuk UMKM Ekspor". Sesi kedua pada Oktober 2020 dengan tema "Sinergi untuk UMKM Digital".

"Kemudian sesi ketiga pada November 2020 mengangkat tema 'UMKM Sahabat Milenial'," kata dia.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan KKI tidak saja memperkenalkan produk premium UMKM yang sudah melalui proses kurasi, tetapi juga memfasilitasi business matching, business coaching, workshop dan relasi bisnis UMKM.

"Kegiatan KKI ini juga merupakan salah satu dukungan BI dalam Gerakan Nasional #BanggaBuatanlndonesia (Gernas BBI) yang mempersiapkan UMKM memasuki ekosistem digital," katanya.

Ia menambahkan bahwa dalam kegiatan KKI, seluruh UMKM yang mengikuti pameran terbatas pihaknya fasilitasi untuk melakukan foto produk sepanjang hari ini dengan fotografer dan model profesional.

"Diharapkan dengan hal tersebut, UMKM memiliki foto produk yang lebih ciamik dan berujung pada meningkatnya nilai jual produk di berbagai channel pemasaran online," katanya.

Selain itu untuk mendorong pembayaran non tunai, pihaknya juga memfasilitasi UMKM untuk melakukan registrasi pembayaran non tunai (QRIS) dengan mengundang tiga Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran ( PJSP).

"Terimakasih kepada Link Aja, Bank Mandiri dan Bank Nobu yang sudah bersedia untuk memfasilitasi teman-teman UMKM di kegiatan pameran terbatas KKI. Sehingga bagi yang belum memiliki akses pembayaran non tunai dapat segera memiliki QRIS,"jelas dia.

Pihaknya mengajak secara bersama-sama mendukung UMKM Kalbar serta berharap agar COVID- 19 cepat berakhir.

"Sehingga kondisi UMKM kembali normal, dan perekonomian kita dapat bangkit kembali,"katanya.

Perhelatan agenda tahun BI, KKI tersebut dihadiri dan dibuka oleh Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan. Selain itu hadir juga dari OPD terkait, Dekranasda, Kadin Kalbar, Hipmi Kalbar serta pelaku usaha dan lainnya.

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020