Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan pihaknya akan membuat edaran kepada seluruh RT, RW dan pemerintah desa untuk mengawal secara serius proses sensus penduduk yang dilakukan Badan Pusat Statsistik (BPS) .

"Kita minta kepada semua pihak untuk fokus, agar sensus dapat berlangsung tepat dan maksimal, karena sensus penduduk 2020 menjadi sangat penting untuk memenuhi kebutuhan kebutuhan masyarakat," kata Muda di Sungai Raya, Rabu. 

Menurutnya, semua program yang bermuara pada kepentingan masyarakat dilakukan dengan data yang berbasiskan hasil sensus penduduk. "Lewat sensus semua tercatat dan ini adalah hal mendasar yang kita butuhkan. Terima kasih atas program ini karena ini akan memaksimalkan tanggung jawab kita semuanya," tuturnya.

Ia menegaskan basis data menjadi kebutuhan semua pemerintahan, termasuk pemerintah desa. Data yang lengkap dan akurat akan menjadi basis dari program yang dibuat. "Sehingga cepat, tepat, dan mendarat. Biar benar-benar dirasakan oleh masyarakat dan efeknya terukur," kata Muda.

Dirinya mengatakan, semua program dan investasi pemerintahan yang didasarkan data-data yang valid dan pemetaan digital yang baik akan memunculkan integritas dan akuntabilitas. Karena itu, ia mengajak semua pihak bersinergi mendukung pelaksanaan SP 2020. Sehingga semua program dapat dilakukan dengan berbasiskan data supaya terhindar dari ketidaktepatan. 

"Sekaligus memastikan akan mudah terukur untuk melihat tingkat keberhasilan dan nilai tambah daripada program. Baik program pemerintah kabupaten termasuk pemerintah desa. Kita kawal sama-sama supaya betul-betul bisa mendapatkan data yang tepat," katanya.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020