Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat selaku Ketua Majelis Pembimbing (Kamabi) Saka Keluarga Berencana (Kencana) Kalimantan Barat, Tenny C Soriton menyebutkan dibentuknya Saka Keluarga Berencana adalah memberi wadah pendidikan dan pembinaan bagi para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk menyalurkan minat.

Hal itu diungkapkannya saat menghadiri pelantikan Pengurus Saka Kencana Kwartir Cabang (Kwarcab) Sintang Masa Bhakti 2020-2025 di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Kabupaten Sintang.

"Di Dalam Saka Kencana ini juga para Pramuka Penegak dan Pandega dapat mengembangkan bakat, kemampuan, dan pengalaman dalam bidang pengetahuan dan teknologi serta ketrampilan bidang kependudukan dan keluarga berencana yang dapat menjadi bekal kehidupan dan penghidupannya untuk mengabdi pada masyarakat, bangsa dan negara," kata Kaper BKKBN Kalbar, Tenny C Soriton di Sintang, Kamis.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sintang, H Junaidi yang melantik langsung pengurus Saka Kencana Kwarcab Sintang dalam kesempatan itu mengatakan Pramuka hadir sebagai pembentuk karakter kaum muda, sebagai perekat agar dapat menjaga keutuhan NKRI, agar bangsa ini memiliki karakter yang kuat melalui Organisasi Kepanduan Pramuka.

"Gerakan Pramuka dalam melaksanakan fungsinya sebagai wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda Indonesia mempunyai tugas pokok menyelenggarakan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggung jawab dan berkarakter," kata H Junaidi.

Kemudian dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas KBP3A selaku Ketua Majelis Pembimbing Saka Kencana Kabupaten Sintang Masa Bhakti 2020-2025, Maryadi mengucapkan terima kasih kepada BKKBN Kalbar yang telah memfasilitasi dan mendukung penuh Kegiatan ini.

"Saka Kencana dalam kiprahnya beberapa waktu yang lalu sudah dirasakan memberi kontribusi dalam pelaksanaan program Keluarga Berencana, salah satunya kakak penegak dan kakak pandega bersama para kader KB aktif dalam melakukan Pendataan Keluarga membantu kader posyandu bahkan para pamong saka kencana ikut menjadi tim dalam safari KB," ujar Maryadi mengakhiri.


 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020