Menghadapi medan yang cukup berat dan situasi cuaca buruk seperti musim hujan saat ini tidaklah menyurutkan semangat para anggota TNI untuk terus menyukseskan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-109 Kodim 1015/Sampit untuk di Desa Bapinang Hilir dan Desa Babirah Kecamatan Pulau Hanaut, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

"Karena selama kegiatan itu bukannya tanpa kendala. Banyak persoalan yang dihadapi oleh anggota Satgas TMMD. Baik dari segi medan yang sulit untuk pendistribusian bahan material maupun kondisi musim hujan saat ini," kata Dandim 1015/Spt Letkol Czi Akhmad Safari di Sampit, Senin.
 
Cuaca hujan dan angin kencang harus dihadapi personel TMMD Kodim 1015/Spt saat mendistribusikan material ke tempat kerja pembangunan TMMD ke-109 di Pulau Hanaut. (Istimewa)


Baca juga: TMMD Kodim 1015/Spt dapat tanggapan positif dari tokoh pemuda setempat

ia menjelaskan, salah satu persoalan yang dihadapi adalah kondisi cuaca saat mendistribusikan material untuk pembangunan sasaran fisik. Hujan lebat, angin kencang dan gelombang sungai menjadi hambatan tersendiri saat memindahkan material bangunan.

"Untuk membawa material bahan bangunan ini harus menyeberangi Sungai Mentaya yang lebarnya sekitar 1,2 kilometer. Bahkan sempat dilanda hujan lebat, angin kencang dan air sungai yang bergelombang," terangnya

Selain itu persoalan lain yang dihadapi adalah mendistribusikan bahan bangunan tersebut ke lokasi pembangunan yang letaknya cukup jauh dengan menggunakan angkutan yang terbatas.
 
Cuaca hujan dan angin kencang harus dihadapi personel TMMD Kodim 1015/Spt saat mendistribusikan material ke tempat kerja pembangunan TMMD ke-109 di Pulau Hanaut. (Istimewa)


Baca juga: Masyarakat sangat antusias sambut kegiatan TMMD Kodim 1015/Spt

"Letak antara satu sasaran fisik dengan sasaran fisik lainnya cukup berjauhan dan kondisi infrastruktur jalannya juga tidak begitu baik," katanya.

Meski banyak kendala dan persoalan yang dihadapi, namun Dandim 1015 Sampit ini meyakinkan bahwa anggota tetap semangat untuk menyukseskan kegiatan TMMD Reguler ke-109 ini.

"Tantangan yang kami hadapi itu menjadi pelecut dan pemacu semangat untuk semakin giat menyelesaikan sejumlah sasaran fisik yaitu rehab tiga jembatan, satu mushola serta membangun sebuah pos terpadu," ujar Dandim mengakhiri.

Baca juga: Karang Taruna Pulau Hanaut apresiasi kegiatan TMMD Kodim 1015/Spt
Baca juga: Masyarakat termotivasi menjaga desa berkat TMMD
Baca juga: Personel TMMD Kodim 1015 terus genjot pembangunan pos terpadu

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020