Kepala Satpel Terminal Tipe A Antar Lintas Batas Negara (ALBN) Sei Ambawang, Balai Pengelola Transportasi Daerah (BPTD) XIV Kalbar, Kristianto mengatakan sejauh ini sejumlah bus penyedia jasa baik ke dan dari negeri tujuan Kuching, Malaysia dan Brunei Darussalam masih menunggu kesepakatan dua negara terkait.

"Dampak wabah COVID-19 ini operasional bus rute baik ke dan dari luar negeri seperti dari Malaysia dan Berunei masih belum berjalan. Kondisi saat ini masih menunggu kesepakatan bersama antara kedua negara," ujarnya saat dihubungi di Kubu Raya, Selasa.

Ia menyebutkan bahwa saat ini l operasional Terminal ALBN Sei. Ambawang hanya melayani bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Untuk bus AKAP trayeknya ALBN Sui Ambawang, Kubu Raya - Pangkalan Bun, Kalteng.

"Untuk AKAP tersebut hanya 1 bus saja yang dilayani oleh Perum Damri. Layanan setiap hari satu kali yakni pada pukul 07.00 WIB," kata dia.

Sementara untuk trayek AKDP yakni dari ALBN Sui Ambawang, Kubu Raya - Sintang, ALBN Sui Ambawang - Nanga Pinuh, Melawi dan ALBN Sui Ambawang - Putusibau, Kapuas Hulu saat ini sudah beroperasi sejak ada era normal baru.

"Saat ini rute AKDP sudah beroperasi dan jumlah penumpang mulai meningkat terutama sejak penerapan normal baru. Meskipun meningkat dibandingkan saat sebelum wabah maka tentu saat ini jauh lebih rendah," katanya.

Terkait penerapan protokol kesehatan pengendalian dan pemutusan rantai wabah COVID-19, pihaknya terus mengingatkan dan mewajibkan penumpang menjalankan aturan yang sudah ada.

"Setiap tamu dan atau penumpang selalu dicek suhu, handsanitazer dan masuk ke dalam bilik sterilisasi, dan wajib menggunakan masker. Intinya kita terapkan semua dalam layanan dan penumpang untuk jaga jarak, cuci tangan dan memakai masker menjadi unsur wajib yg tidak boleh dilupakan," kata dia.

Bahkan pihaknya untuk areal terminal, setiap harinya juga dilakukan penyemprotan disinfektan.Hal itu untuk mencegah dan memutus rantai COVID-19 dan agar tidak ada klaster terminal.

"Kita berkomitmen bersama agar pengendalian atau pencegahan COVID dari berbagai elemen untuk disiplin sehingga kita sendiri merasakannya agar bebas COVID-19," katanya.


Baca juga: Pengelola masih operasikan bus rute Pontianak - Malaysia
Baca juga: Penumpang bus ALBN Sungai Ambawang meningkat 30 persen
Baca juga: Penumpang bus di terminal ALBN Sungai Ambawang meningkat

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020