Arus penumpang bus di Terminal Antar Lintas Batas Negara (ALBN) Sungai Ambawang, Kubu Raya, Kalimantan Barat, meningkat cukup signifikan pada Lebaran 2019.

"Sejak H-7 hingga H+7 Lebaran, jumlah bus dan penumpang meningkat dibanding hari biasa maupun Lebaran tahun sebelumnya,” ujar Kepala Satuan Pelaksana ALBN Sungai Ambawang Kristianto di Kubu Raya, Kalbar, Selasa.

Ia merinci untuk arus mudik, bus yang berangkat terdapat 405 unit. Sedangkan pada tahun sebelumnya hanya 318 bus. Dari sisi penumpang, ada 8.434 orang untuk 2019 dan tahun sebelumnya hanya 7.125.

Baca juga: Terjadi Peningkatan Jumlah Penumpang Di ALBN Ambawang

Sedangkan untuk arus balik jenis angkutan antarkota dalam provinsi (AKDP), ada 213 bus. Ada peningkatan dari tahun lalu meskipun hanya satu bus. Dari sisi penumpang sebanyak 4.919 untuk tahun ini dan tahun lalu hanya 4.747 penumpang.

"Kemudian, arus balik jenis antarkota antarprovinsi (AKAP) dan ALBN pada Lebaran 2019 ada 225 bus dan tahun lalu hanya 205 bus. Dari jumlah sisi penumpang ada 5.085 penumpang tahun 2019 dan tahun lalu 3.682 penumpang," papar dia.

Saat arus puncak H-3 Lebaran, lanjutnya, untuk AKAP ada peningkatan 35 persen dari tahun lalu, ALBN melonjak 140 persen.

Baca juga: Pemprov Belum Pastikan Operasional Terminal Bus Antarnegara

"Sedangkan untuk arus balik H+ 3 untuk AKAP meningkat 50 persen dan ALBN 17 persen dibanding tahun lalu," papar dia.

Menurutnya, adanya peningkatan penumpang di ALBN tidak terlepas dari kenaikan harga tiket pesawat.

Ia mengatakan saat Lebaran juga tidak ada kendala yang berarti di lapangan dan berjalan dengan baik. Semua fasilitas dan layanan dimaksimalkan untuk keamanan dan kenyamanan penumpang ALBN Sungai Ambawang.

"Kita juga dengan pihak terkait ada posko terpadu. Dengan hal itu, kamibbersyukur semua lancar," kata dia.

Baca juga: Kalbar Uji Coba Terminal Antarnegara Tiga Bulan

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2019