Yayasan Baitul Mal (YBM) PLN melalui program kepedulian sosial memberikan bantuan 30 unit sarana untuk mandi, cuci, kakus (MCK) kepada warga Desa Tanjung Bunga, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, dalam upaya untuk memperbaiki kesehatan masyarakat setempat.

“YBM PLN memberikan bantuan bahan material, seperti closed, pasir, semen, cat, pipa paralon, dan lainnya. Sedangkan pengerjaanya secara swadaya masyarakat bergotong-royong, bahkan ada yang ikhlas ikut menyumbangkan kayu di pekarangan rumahnya, lalu membuat batako sendiri," ujar Camat Kembayan Nono saat dihubungi di Sanggau, Selasa.

Baca juga: Sinergi PLN, BPN, dan KPK Terbitkan 124 Sertipikat Tanah di Kalbar

Ia menjelaskan dengan bantuan yang ada tentu bisa mendorong percepatan perbaikan kesehatan masyarakat. Ia juga meminta masyarakat yang dapat bantuan untuk menerapkan perilaku kehidupan bersih dan sehat (PHBS).

“Pemerintah tidak mampu bekerja sendiri untuk menggiring masyarakat berperilaku sehat, sehingga kedatangan YBM PLN di desa ini sangat membantu dan baru pertama kalinya. Saya mengimbau stop buang air besar untuk mencapai desa odf (open defecation free), karena buang air besar sembarangan menjadi awal dari keterbelakangan, kebodohan dan kemiskinan," katanya.

Sementara itu, perwakilan Puskesmas Kembayan Ngadiran mengucapkan terima kasih atas bantuan YBM PLN. Menurutnya sarana MCK yang baik bisa mengurangi beban Indeks Keluarga Sehat (IKS) Desa Tanjung Bunga.

“Kita tahu bahwa Desa Tanjung Bunga termasuk desa kurang sehat. MCK memengaruhi 60 persen kesehatan,” katanya.

Bantuan MCK tersebut diberikan kepada warga Muslim dhuafa. Melalui program tersebut menjadi pemantik agar warga sadar akan pentingnya kebersihan dan tidak lagi mandi, cuci, kakus di sungai.

Baca juga: 120 pelaku usaha mikro dan menengah Kota Pontianak semangat ikuti pelatihan

Bersamaan dengan kegiatan tersebut, dilaksanakan juga pamitan bidan YBM PLN yang telah purna tugas selama 1 tahun di desa, melayani kebutuhan akan layanan kesehatan yang cepat, gratis dan profesional untuk masyarakat pedalaman.

Saat penyerahan bantuan dihadiri manajemen PLN UP3 Sanggau. PLN melalui YBM PLN menyampaikan kepedulian sosial. Dengan bantuan MCK ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat pedalaman.

Baca juga: PLN Nyalakan Listrik 4 Desa di Sanggau dan Melawi
Baca juga: Korsleting di Jalan Balai Pustaka akibat kabel tanah terbakar
Baca juga: PLN Kalbar ciptakan aplikasi peta pohon tingkatkan kehandalan pasokan listrik

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020