Tim Pemeriksa Daerah (TPD) Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu RI unsur masyarakat untuk Kalbar, Umi Rifdiawaty mengatakan, media merupakan salah satu stakeholder penting selain peserta dan pemilih dalam Pemilu atau Pilkada.

Menurutnya, media juga berperan strategis dalam menyukseskan pelaksanaan pesta demokrasi di daerah.

"Bagaimana aktifitas atau kegiatan pelaksanaan tahapan dan pengawasan oleh KPU dan Bawaslu di daerah agar dapat di ketahui oleh masyarakat bisa melalui media," kata Umi Rifdiawaty, di Pontianak, Selasa.

Mantan Ketua KPU Kalbar itu mengatakan, dalam mensosialisasikan pelaksanaan Pemilu itu media mengambil peran penting melalui pemberitaan-pemberitaannya.

"Jadi melalui pemberitaan media menginformasikan tentang pelaksanaan tahapan sekaligus melakukan pengawasan. Tentu dalam hal ini menyangkut tugas, kewenangan dan kewajiban fungsi dari penyelenggara Pemilu," kata.

Umi Rifdiawaty dalam kesempatan itu juga mengingatkan kepada penyelenggara Pemilu untuk selalu ramah dengan para awak media.

"Sikap ramah ini perlu, karena akan ada hubungan timbal balik yang saling menguntungkan antara pihak penyelenggara dan media. Dengan demikian pelaksanaan pesta demokrasi itu bisa berjalan dengan baik, " katanya.


Baca juga: OJK Kalbar nyatakan media miliki peran strategis ikut memulihkan ekonomi
Baca juga: Prajurit harus bijak gunakan media sosial
Baca juga: Diduga tidak netral, Bawaslu Bengkayang telusuri akun media sosial ASN
 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020