Berdasarkan hasil rekap sementara melalui website resmi yang dihadirkan KPU untuk Pilkada Sambas, pasangan calon (paslon) nomor urut 2 Satono - Fahrur Rofi unggul dari tiga paslon lainnya.

“Berdasarkan data rekap yang tersedia atau sudah masuk Kamis, 10 Desember pukul 07:43:06 WIB paslon nomor 2 unggul dengan persentase capai 30,9 persen,” ujar Komisioner KPU Sambas, Martono saat dihubungi di Sambas, Kamis.

Ia menyebutkan perolehan suara paslon nomor urut 2 Satono - Fahrur Rofi yakni 21.306 suara dari 351 TPS atau 27, 06 persen dari total ada 1.297 TPS yang memasukkan data dalam rekap KPU.

“Untuk suara paslon nomor urut 1 Heroaldi Djuhardi Alwi - Rubaeti Erlita sebanyak 17.821 atau 23,9 persen, paslon nomor urut 3 Helman Fachri – Darso 14.754 suara atau 19,8 persen dan paslon 4 atau petahana sebanyak 19.012 suara atau 25,5 persen,” kata dia

Martono menjelaskan bahwa data yang ditampilkan pada menu hitung suara adalah data yang hasil foto formulir model C.Hasil-KWK yang dikirim oleh KPPS melalui Sirekap. Kemudian apabila terdapat kekeliruan data pada formulir Model C.Hasil-KWK, akan dilakukan perbaikan pada Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi di tingkat Kecamatan.

“Kemudian apabila terdapat perbedaan data yang terbaca oleh Sirekap dengan data yang tertulis pada Formulir C.Hasil-KWK, akan dilakukan koreksi pada Sirekap Web Tingkat Kecamatan. Perlu diketahui data yang ditampilkan pada menu hitung suara bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara. Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam Rapat Pleno terbuka,” kata dia.

Sebelumnya, paslon Bupati dan Wakil Bupati peserta Pilkada Sambas, Satono - Fahrur Rofi pada Rabu (9/12/2020) malam menyampaikan kemenangan diraih pasangnya di Pilkada Sambas berdasarkan hitungan cepat, melalui jumpa pers yang disiarkan secara langsung di facebook KIM Pojok Kata.

"Alhamdulillah berdasarkan data yang ada dari berbagai sumber kami paslon nomor 2 meraih suara terbanyak yakni 70 ribuan suara dari suara yang sudah masuk sebanyak 220 ribuan atau 31 persen. Kami tertinggi dan bahkan di atas perolehan suara petahana yang berada di urutan ketiga," ujar Satono di Sambas.

Ia mengucapkan terima kasih setinggi - setingginya kepada semua lapisan masyarakat Sambas yang bersusah payah namun tetap satu menyukseskan Pilkada 2020 hingga aman dan lancar.

"Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Tim sukses, koalisi yakni dari PAN dan Gerindra atas kerja keras dan dukungan yang ada," kata dia.

Ia mengajak masyarakat terutama tim dan lainnya mengawal proses atau perhitungan yang ada hingga tahapan pleno KPU.

"Proses ini belum selesai mari kita kawal sampai pleno KPU," katanya mengajak.

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020