Tim gabungan yang terdiri dari Satlantas, Dishub, Jasa Raharja dan BNNK Kota Singkawang menjelang Natal tahun 2020 menggelar pemeriksaan kendaraan bermotor di Jembatan Timbang Sakok, Rabu.

"Dalam pemeriksaan ini, selain melakukan pemeriksaan kelaikan jalan, kita juga melakukan test urine kepada sopir angkutan umum," kata Kasat Lantas Polres Singkawang, AKP Syaiful Bahri. 

Kegiatan tersebut berlangsung di dua lokasi yaitu Jembatan Timbang dan Terminal Bengkayang (Pasar Beringin Singkawang). 

Dengan harapan, agar perayaan Natal bisa berjalan dengan lancar, aman serta mengutamakan keselamatan lalu lintas.

Baca juga: Polda Kalbar berharap stok gula tetap aman jelang Natal dan Tahun Baru

"Kami juga melakukan kegiatan-kegiatan pencegahan terhadap terjadinya kecelakaan lalu lintas," ujarnya. 

Menurutnya, kegiatan yang digelar adalah merupakan sandi Operasi Lilin Kapuas yang dilaksanakan selama 14 hari ke depan. 

"Selain melakukan pengaturan lalu lintas, pihak kepolisian juga akan melakukan pengamanan-pengamanan baik di gereja, tempat rekreasi serta jalur-jalur rawan kecelakaan dan kemacetan," ungkapnya. 

Kemudian, pihak kepolisian Polres Singkawang juga mendirikan 5 Pos Pengamanan dan 2 Pos Pelayanan selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

Baca juga: Satgas Pamtas Yonif 642 semprotkan Desinfektan di Gereja jelang Natal

"Saya mohon kepada masyarakat Singkawang juga bisa mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19 !dan mengutamakan keselamatan saat berlalu lintas di jalan raya," jelasnya. 

Sementara Kepala Seksi Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Singkawang, Adi Haryadi mengatakan, tujuan pihaknya melakukan Ramchek adalah untuk pengawasan kelaikan jalan bagi angkutan umum dan taksi. 

"Jadi fokus kita pada kegiatan ini yaitu untuk memastikan bahwa kendaraan angkutan umum yang membawa penumpang layak untuk beroperasi," katanya.

Dalam kegiatan ini juga diselingi dengan pembagian masker kepada penumpang maupun sopir, untuk mencegah penyebaran COVID-19. 

"Kita juga meminta kepada sopir untuk memposisikan penumpang dengan menerapkan jaga jarak," ujarnya.

Baca juga: Pertamina gelar Operasi Pasar elpiji subsidi di Kabupaten Bengkayang jelang Natal
Baca juga: Jelang Natal dan Tahun Baru, ALBN Sui Ambawang maksimalkan layanan
Baca juga: Karolin tetapkan HET elpiji tiga kilogram jelang Natal
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020