Kapolres Singkawang AKBP Prasetiyo Adhi Wibowo mengatakan, beberapa kasus mencuat di tahun 2020 masih menjadi pekerjaan rumah (PR) Polres Singkawang untuk diselesaikan padatahun 2021.

"Beberapa kasus yang dimaksud, antara lain, penemuan jasad bayi di bibir pantai Pasir Panjang, satu kasus tindak pidana korupsi yang sampai saat ini masih dalam proses penyelidikan dan audit," kata Adhi di Singkawang, Rabu.

Menurutnya, Polres Singkawang belum bisa memberikan keterangan pers apabila kasus korupsi yang ditangani masih dalam proses penyelidikan.

Terkait dengan kasus pembunuhan istri Lurah Sagatani apakah sudah terungkap. Kapolres menjelaskan, seperti rilis terdahulu bahwa keterangan dari dua orang tersangka pada kasus yang berbeda, itu menyatakan dan mengindikasikan bahwa Almarhum Aini terlibat dalam pencurian dengan kekerasan di rumah istri Lurah Sagatani.

Baca juga: Singkawang dapat pinjaman daerah Rp200 miliar

Sehingga kasus tersebut tidak bisa Polres Singkawang perdalam karena Saudara Aini sudah almarhum.

"Meskipun kasus ini dikategorikan sudah terungkap, namun susah untuk dilanjutkan karena pelaku utamanya sudah meninggal," ujarnya.

Kemudian, terkait dengan rekaman suara Wali Kota Singkawang dengan sejumlah Anggota DPRD Singkawang yang diduga bagi-bagi proyek, bahwa yang masuk ke Mapolres Singkawang adalah pengaduan yang merasa keberatan dengan beredarnya rekaman suara sehingga merasa dirugikan.

"Untuk saat ini masih dalam proses penyelidikan dan kami harus meminta keterangan dari para ahli yang berkompeten dan terkait di dalam penanganan perkara ini. Jadi tidak bisa sembarangan karena berbicara masalah UU ITE maka perlu pendapat ahli," ungkapnya.

Selain berkomitmen untuk menyelesaikan kasus yang masih belum tuntas di tahun 2020, Polres Singkawang juga terus berupaya untuk mencapai Zona Integritas (ZI) Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Terlebih Polres Singkawang sudah pernah mendapatkan predikat ZI Wilayah Bebas Korupsi (WBK) namun belum berhasil untuk mencapai WBBM.

Baca juga: Polres Singkawang musnahkan barang bukti narkotika temuan petugas Lapas
Baca juga: Satpol PP Singkawang siapkan sanksi untuk pelanggar prokes
Baca juga: Kota Singkawang tambah sejumlah spot wisata baru
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021