PT Cita Mineral Investindo Tbk (CITA) kembali melakukan pembinaan dalam rangka pelaksanaan PPM (Program Pemberdayaan Masyarakat) bidang ekonomi produktif melalui kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility).

Kali ini yang dilaksanakan yaitu program ternak ayam pedaging Desa Membuluh Baru Kecamatan Air Upas, Ketapang yang telah melaksanakan panen perdana pada 13 Januari 2021.

Program pembinaan peternakan ini terselenggara berkat kerja sama antara CITA melalui program CSR dengan Kelompok Ternak Ayam Pedaging Berkah Jaya Desa Membuluh Baru Kecamatan Air Upas Kabupaten Ketapang. Panen kali ini merupakan panen perdana yang dilakukan oleh kelompok binaan tersebut.

Dari total pengadaan bibit sejumlah 500 ekor DOC pada awal Desember 2020, menghasilkan panen sampai minggu ke II Januari 2021 sejumlah 9 kwintal dan masih melaksanakan kegiatan panen bertahap. Hasil panen ini memberikan dampak positif di tengah pandemi yang sedang berlangsung yaitu mampu menambah penghasilan para anggota kelompok binaan.
 
Ternak ayam pedaging Desa Membuluh Baru Kecamatan Air Upas, Ketapang (Foto Istimewa)

Manager CSR CITA, Agustinus Mulyatmojo melalui tim CSR, Dhimas Reza Rifai, menjelaskan bahwa program panen ini bentuk keberhasilan tim CSR dalam melaksanakan program PPM ditambah kerjasama dari kelompok binaan yang menunjukkan bukti keseriusan dalam melaksanakan program tersebut.

“Ini merupakan bentuk keberhasilan tim departemen CSR dalam menjalankan pembinaan dan pelaksanaan program ternak tersebut. Keberhasilan ini juga berkat bantuan kelompok binaan dari segi keseriusan dan keaktifan para anggota kelompok dalam menjalankan program tersebut," ujar dia.

Selain itu, patut menjadi kebanggaan atas kesuksesan pelaksanaan program tersebut. "Harapan kami selaku tim CSR, program tersebut mampu menambah penghasilan para anggota kelompok dan lebih khususnya menjadi percontohan bagi masyarakat lain bahwa program CSR perusahaan itu ada dan nyata," kata dia.

Nuhtadin, selaku ketua Kelompok Ternak Ayam Pedaging Berkah Jaya, menuturkan rasa senang dan terima kasihnya atas keberhasilan panen perdana ini. “Saya selaku ketua kelompok binaan mengucapkan banyak terimakasih kepada CITA yang telah membantu kami dalam melaksanakan program ternak ayam pedaging ini. Dari hasil panen ini tentu sangat bermanfaat bagi kami anggota kelompok binaan," ujarnya.

Ia menambahkan, dari hasil panen tersebut mereka juga masih mampu meraup keuntungan dan memberi hasil ternak ayam tersebut kepada masyarakat sekitar. "Sungguh hasil panen ini mampu dirasakan oleh masyarakat banyak. Harapan kedepannya semoga CITA tetap membina kami sampai dengan kelompok kami dapat menjadi mandiri. Dan doa kami semoga CITA dapat terus memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar," kata dia.

Pewarta: Rilis

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021