Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kalimantan Barat, Windy Prihastary mengatakan pihaknya akan melakukan penataan taman di kawasan Gelanggang Olah raga (GOR) Pangsuma Kota Pontianak dengan melibatkan puluhan pedagang bunga dan tanaman yang ada disana.

"Selama ini, GOR yang ada tidak hanya sebagai fasilitas olah raga, namun juga dimanfaatkan masyarakat untuk menggerakkan roda perekonomian yang berjalan bidang pertanaman yang dijalankan oleh ratusan pedagang bunga yang telah lama usaha tanaman yang saat ini sedang booming itu," kata Windy di Pontianak, Selasa.

Ribuan jenis tanaman tersedia di kawasan GOR yang menjadi daya tarik masyarakat saat menghabiskan waktu berolah raga di kawasan tersebut.

Melihat banyak hal yang akan dilakukan terhadap potensi penjualan tanaman di kawasan GOR itu.

"Perombakan taman di kawasan GOR sudah kita lakukan salah satunya menanam bunga pohon yang selama ini di tanah kosong. Termasuk merapikan kawasan penjualan tanaman agar terlihat rapi sehingga menarik untuk pembeli yang datang," tuturnya.

Penataan kawasan GOR dilakukan Disporapar bersama pihak terkait termasuk KONI serta dinas lainnya yang memang menjadi kewajiban banyak pihak agar lebih bersih dan menjadi salah satu destinasi wisata masyarakat Kalbar.

"Penataan taman kemudian dan ratusan pedagang taman ini agar kawasan semakin cantik semakin bersih sehingga masyarakat jadi semakin tertarik melihat bunga yang dijual dan membeli bunga yang memang lagi tren saat ini," tuturnya.

Selain menarik masyarakat agar membeli tanaman, Kadisporapar juga berharap dengan ditatanya taman dan sekitar kawasan GOR maka masyarakat dapat memanfaatkan kawasan menjadi salah satu kawasan untuk berswafoto yang selama ini belum dimaksimalkan.

"Banyak hal dengan ditatanya kawasan GOR ini selain meningkatkan perekonomian para pedagang yang ada disini juga dapat dimanfaatkan masyarakat luas selain berolahraga juga bisa selfie karena tanaman ditata apik sehingga sangat menarik bersih dan betah lama-lama disini," katanya.

Windy mengakui jika asosiasi pedagang bunga di kawasan GOR menyambut baik hal tersebut dan juga akan melakukan perbaikan menata kawasan tersebut.

"Respon mereka sangat baik dan Alhamdulillah kita anggap GOR ini rumah kita sendiri sehingga menata lebih cantik bersih dan aman menjadi salah satu kewajiban tentu dilakukan dengan banyak pihak terkait," katanya lagi.

Sebelumnya Kadisorapar Kalbar melakukan penanaman pohon dan beberapa bunga di kawasan sekitar depan SPBU dan melakukan pengecekan portal di sekitar GOR.

Ketua KONI pun melakukan hal yang sama melakukan pengecekan terhadap kawasan GOR dan kebersihan dan keamanan.

"Terutama di masa pandemi, saya mengingatkan keamanan agar menjaga masyarakat yang datang untuk tidak berkerumun," katanya.*

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021