Kepala Perwakilan  Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (Kaper BKKBN) Provinsi  Kalimantan Barat, Tenny C Soriton melantik dan mengangkat sumpah satu orang ASN Perwakilan BKKBN Kalbar dalam Jabatan Fungsional Analis Kepegawaian. 

"Jabatan ini adalah amanah, laksanakan tugas dan fungsi secara profoesional serta penuh tanggung jawab. Dan dalam kesempatan ini saya mengucapkan selamat kepada ASN yang baru dilantik," kata Tenny C Soriton di Pontianak, Senin.

Kegiatan pengambilan sumpah/janji ini juga dilanjutkan dengan pembinaan pegawai yang diikuti seluruh ASN Perwakilan BKKBN Kalbar yang dilaksanakan baik secara langsung maupun secara virtual meeting.

"Seperti kita ketahui bahwa SDM Perwakilan BKKBN Kalbar tahun 2020 berjumlah 277 orang yang terdiri dari 259 PNS dan 18 Non PNS. Dari 259 orang tersebut 187 orang atau 72,20 persen merupakan tenaga Penyuluh KB yang memegang peranan penting sekaligus menjandi ujung tombak pelaksanaan program bangga Kencana di Kalbar," Katanya.

Lebih jauh Ia menerangkan, setelah dialihkan ke pusat, para Penyuluh KB dibawah naungan masing-masing perwakilan BKKBN provinsi dan tentunya sebagai penanggung jawab koordinator adalah OPD-KB kabupaten/kota selaku pengguna tenaga Penyuluh KB dilapangan. 

"Jadi secara operasional Penyuluh KB dibawah kendali OPD-KB yang ada di kabupaten/kota dan secara administrasinya dibawah Perwakilan BKKBN provinsi," jelas Tenny C Soriton.

Dikatakannya juga, dari data yang ada jumlah kebutuhan perbandingan ideal PKB, Perwakilan BKKBN Kalbar sangatlah kurang karena dari rasio yang ada, kita masih sangat membutuhkan tenaga tenaga PKB/PLKB.

"Bagi PKB/PLKB nanti, dengan cakupan wilayah rasio sekitar delapan desa per PKB/PLKB jangan menjadi beban atau masalah dilapangan untuk meningkatkan dan mengembangkan program," katanya. 





 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021