Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sintang Kalimantan Barat mengikuti pelatihan jurnalistik pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diikuti 12 wartawan di daerah tersebut.
 
"Pelatihan itu untuk persiapan bagi anggota PWI yang akan mengikuti UKW yang akan dilaksanakan pada 26-28 Februari 2021 mendatang di Pontianak," kata Ketua PWI Sintang Tantra Nur Andi, di Sintang Kalbar, Sabtu.
 
Disampaikan Tantra, pelatihan khusus tersebut membahas berbagai teori jurnalistik dan kisi-kisi agar bisa lulus dalam UKW.
 
Menurut dia, pelatihan yang disampaikan diantaranya berbagai teori jurnalistik. Mulai dari perencanaan liputan, teknik wawancara, teknik reportase, kode etik jurnalistik, evaluasi liputan, menulis berita sampai pada bagaimana membangun jaringan.
 
"Kami bekali peserta agar bisa mengikuti UKW dengan baik dan dengan hasil yang memuaskan hingga dinyatakan lulus UKW nantinya," ucap Tantra.
 
Selain itu, Tantra juga menyampaikan tujuan lain dari pelatihan itu untuk meningkatkan kompetensi wartawan yang menjadi anggota PWI Sintang serta meningkatkan ketaatan wartawan pada kode etik jurnalistik demi citra, kredibilitas dan integritas wartawan. 
 
" Pelatihan jurnalistik juga untuk mewujudkan visi PWI Sintang bersama PWI, Wartawan Profesional, Bermartabat dan Beretika," jelas Tantra.
 
Ia berharap dengan pelatihan pra UKW itu, 12 anggota PWI Sintang menjadi siap untuk mengikuti UKW di Pontianak. 
 
"Saya berharap semua anggota PWI Kabupaten Sintang dapat mengikuti UKW dengan baik dan lulus," kata Tantra.***2***
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021