Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu Kalimantan Barat menurunkan tim gabungan untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di kawasan Trans Kalis Kecamatan Kalis daerah setempat.

"Tim gabungan sedang berusaha memadamkan kebakaran di lahan gambut di sekitar Trans Kalis," kata Kepala BPBD Kapuas Hulu Gunawan, kepada ANTARA di Putussibau ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis malam.

Baca juga: Kubu Raya berstatus siaga bencana karhutla

Disampaikan Gunawan, Karhutla itu terjadi di perkirakan sekitar pukul 17.45 WIB dan BPBD Kapuas Hulu menerima laporan sekitar pukul 18.20 WIB, Kamis (25/2/2021).

Menurut dia, mobil pemadam kebakaran dan sejumlah fasilitas pemadam lainnya juga diturunkan untuk mengatasi kebakaran lahan tersebut.

" Sampai saat ini kami masih menunggu kronologis kejadian Karhutla itu, kita tunggu tim di lapangan," kata dia.

Baca juga: Pemkot Pontianak tetapkan status siaga Karhutla

Dikatakan Gunawan, dalam mengatasi Karhutla itu, pihaknya melakukan koordinasi dengan pihak Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) dan pihak kecamatan setempat.

" Kami tentu bersama tim seperti TNI, Polri, Sat Pol PP, BPBD Kapuas Hulu dan sejumlah tim relawan yang membantu serta masyarakat setempat," kata Gunawan.

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021