Wakil Ketua Komisi V DPR RI Syarif Abdullah Alkadrie menyatakan tetap terus mendukung program peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kayong Utara (KKU) sehingga daerah maju.

"Saya akan mendukung penuh KKU walaupun dukungan suara di sini menurun. Kami masih punya kader di DPRD dan partai kami salah satu pengusung Citra dan Effendi. Jadi tidak ada alasan kami selama beliau memimpin" ujarnya yang juga Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Kalbar dari Partai Nasdem saat dihubungi di KKU, Rabu.

Ia menjelaskan bahwa untuk program strategis KKU yang imbasnya sangat besar terhadap perekonomian masyarakat dan kemajuan daerah segera diusulkan seperti perubahan status jalan dan pembangunan Bandara Sukadana.

"Di sini ada pelabuhan nasional di Teluk Batang yang menjadikannya rasional untuk perubahan status jalannya terlebih jika dibangun bandara. Dengan begitu benar adanya Kayong Utara akan menjadi kota alternatif wisatawan dan lainnya,"ujarnya.

Dalam kunjungan kerja, Syarif Abdullah juga memberikan bantuan tangki air, fasilitas pertanian dan perdagangan di Desa Pondorukun. Pada momen tersebut juga menyerap aspirasi warga dan meninjau langsung rencana dermaga dan halte penghubung Kecamatan Seponti dengan Desa Sumber Agung Kubu Raya.

"Lokasi rencana dermaga di Simpang Lidah sangat strategis letaknya di persimpangan sungai dan terkait halte penghubung ini pun sangat berpotensi menjadi lintasan bru untuk wilayah pesisir. Jadi Seponti ke Pontianak nantinya hanya empat jam saja,"tambahnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Effendi Ahmad menyambut baik dan kepedulian Syarif Abdullah Alqadrie terhadap KKU.

"Alhamdulillah kunjungan kali pertama Bapak Syarif di Kecamatan Seponti yang membawa bantuan, manfaat bagi kita semua. Semoga ini berlanjut," kata dia.

Effendi menambahkan di masa pandemi COVID- 19 memberi dampak hingga ke pada pemerintah desa. Pemangkasan anggaran untuk penanganan COVID-19 mengakibatkan program program dan pembangunan yang telah tersusun menjadi tertunda.

"Ada beberapa program strategis kami yang sedang kami gagas dan ada juga yang harus tertunda karena COVID- 19. Bantuan serta program dari Komisi V DPR RI sangat kami harapkan saat ini," tambahnya.

Harapan besar Effendi akan kehadiran Wakil Komisi V DPR RI yang menjalin mitra dengan berberapa kementerian seperti PU PR, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian PDTT dapat membantu KKU untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

"Jika Bandara Sukadana dibuka, Jalan Siduk Teluk Batang menjadi jalan berstandar nasional dan Jalan Melano -Perawas menjadi jalan penghubung ke kota provinsi maka kunjungan orang akan bertambah dan Kayong Utara menjadi wisata alternatif di Kalbar," jelasnya.

Pewarta: Dedi/Rizal

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021