Satuan tugas (Satgas) Pengamanan perbatasan (Pamtas) RI-Malaysia di wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat memperketat pengawasan jalan tikus atau jalur tidak resmi di daerah tersebut untuk mengantisipasi pelaku penyeludupan barang ilegal salah satunya narkoba.

" Kami memperketat pengawasan di jalur batas dengan cara melaksanakan patroli serta kegiatan penyergapan di setiap titik jalan jalur tikus yang mungkin dapat dilalui oleh para pelaku illegal di sektor wilayah Satgas kami," kata Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 407/PK Letkol Inf Catur Irawan, kepada ANTARA, di Putussibau ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu.

Disampaikan Catur, patroli di sepanjang jalur tidak resmi rutin dilaksanakan , terutama di jalur-jalur rawan.
 
Satgas Pantas Yonid 407/PK sedang melaksanakan patroli di sepanjang jalur tidak resmi di perbatasan RI-Malaysia wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat. (Istimewa)


Menurut dia, patroli di patok-patok batas negara juga rutin dilakukan dan selalu dilakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait yang bertugas di perbatasan.

Sementara itu, Kepala Imigrasi Kelas III Putussibau M Ali Hanafi mengatakan pengawasan di jalur tidak resmi atau jalan tikus memang kewenangan Pamtas, namun koordinasi dan patroli gabungan juga selalu di lakukan di sepanjang jalur tidak resmi.

" Pengawasan di perbatasan memang kami perketat, kami juga rutin melakukan operasi gabungan berupa patroli, apalagi sempat di kabarkan adanya penyeludupan narkoba," jelas Hanafi.

Baca juga: Satgas Pamtas Yonif 407 gagalkan PMI ilegal berusaha masuk ke Malaysia
Baca juga: Satgas Pamtas gagalkan penyelundupan 10 kg sabu-sabu di Aruk

Menurut dia, jalur tikus memang rawan sebagai tempat penyeludupan barang ilegal serta pelintasan secara ilegal, sehingga upaya pencegahan serta pengawasan terus dilakukan bersama pihak terkait lainnya.

" Yang jelas jalur tikus telah diawasi secara ketat dan itu di jaga oleh Pamtas," ucap Hanafi.

Baca juga: Polda Kalbar terima barang-bukti temuan sabu dari Satgas Pamtas
Baca juga: Satgas Pamtas kembali gagalkan penyelundupan 42,9 kilogram sabu asal Malaysia

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021