Tagana (Taruna Siaga Bencana) Kota Singkawang bersiap memberikan bantuan memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) bilamana hal itu terjadi khususnya di musim kemarau sekarang ini.

"Kita sudah siap membantu bersama BPBD, Manggala Agni, BPKS, TNI dan Polri untuk memadamkan karhutla karena kita sudah menggelar latihan sebanyak dua kali," kata Ketua Tagana Singkawang, Feri Samson, Senin.

Dua kali latihan tersebut, ujar Samson, menyasar lahan yang berada di embung Pajintan, Kecamatan Singkawang Timur dengan melibatkan sebanyak 12 personel dan Gayung Bersambut di Kecamatan Singkawang Utara dengan melibatkan 10 personel.

Baca juga: 10 tersangka karhutla di Kalbar masih perseorangan bukan korporasi

Dalam latihan, pihaknya tidak didampingi oleh pihak-pihak terkait seperti BPBD, Manggala Agni, BPKS, TNI maupun Polri.

"Jadi kita latihan memadamkan karhutla belajar dari Youtube dengan membuka panduan-panduan bagaimana cara memadamkan kebakaran. Alhamdulilah, dapat berjalan dengan lancar khususnya dalam pemasangan alat dan penyemprotannya. Dan jika memang benar-benar terjadi karhutla di Singkawang, Insya Allah Tagana Singkawang siap membantu," ungkapnya.

Menurutnya, sarana dan prasarana yang sudah ada di Tagana Singkawang saat ini, khususnya untuk pemadaman Karhutla sudah disiap.

Baca juga: Wali Kota Pontianak apresiasi warga bentuk pos karhutla

"Antara lain, pakaian untuk Karhutla, selang sepanjang 250 meter, 16 bar, dua mesin dengan masing-masing kapasitas 270 dan 290 HP. Sedangkan untuk air, kita latihan dengan memanfaatkan sumber air yang ada di lokasi latihan seperti embung dan sungai. Hal itu dikarenakan Tagana Singkawang belum memiliki armada mobil tangki," ujarnya.

Untuk kasus kebakaran rumah atau gedung, Tagana Singkawang sudah memiliki sarana pakaian anti api, tabung gas oksigen, masker dan peralatan lainnya.*

Baca juga: Kapolres Kapuas Hulu: Jangan ada ego sektoral tanggulangi Karhutla
Baca juga: Kapolda Kalbar bentuk Brigade Pengendali Karhutla
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021