Kapolres Kapuas Hulu Kalimantan Barat AKBP Wedy Mahadi mengimbau kepada seluruh masyarakat Kapuas Hulu untuk meningkatkan kewaspadaan keamanan pada perayaan Hari Paskah dan menyambut bulan suci Ramadhan.

" Kami perkuat pengamanan tiga kali lipat untuk mengamankan Hari Raya Paskah dan menyambut bulan suci Ramadhan, kami imbau masyarakat tetap selalu waspada," kata AKBP Wedy Mahadi, saat Rapat koordinasi pengamanan Paskah dan bulan suci Ramadhan, di Putussibau ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis.

Disampaikan Wedy, pengurus gereja baik Katolik mau pun Protestan mesti segera menyampaikan kesiapan, jadwal ibadah serta data perkiraan jumlah umat khususnya dalam perayaan Paskah.

Begitu juga terkait, menyambut bulan suci Ramadhan, pengurus-pengurus masjid juga mesti segera menyampaikan kesiapan terutama jadwal taraweh.

" Saya minta masing-masing pantia hari raya keagamaan proaktif, kita bersinergis menciptakan Harkamtibmas, mulai dari lingkungan keluarga, masyarakat begitu juga dengan keterlibatan jajaran Pemkab Kapuas Hulu dalam menjaga keharmonisan di tengah-tengah masyarakat," pinta Wedy.

Wedy menyebutkan untuk menciptakan Harkamtibmas bukan hanya dari kepolisian, tetapi tanggungjawab bersama bila perlu kita bersama-sama turun mengamankan hari raya keagamaan di Kapuas Hulu.

" TNI, Polri, Sat Pol PP termasuk juga Dishub dan Kantor Kemenag mari kita bersinergis ciptakan Harkimtibmas," tegas Wedy.

Selain itu, peranan tokoh agama seperti Forum kerukunan umat beragama juga sangat penting untuk terus bersinergis sehingga keamanan dan ketertiban serta kenyamanan dalam beribadah selalu tercipta.

" Kita jangan menanggap Kapuas Hulu aman-aman saja, kewaspadaan harus ditingkatkan, kita jangan lengah apalagi yang berkaitan dengan ancaman terorisme itu harus kita waspadai bersama dengan bersinergis dan selalu menjadi polisi bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat," kata Wedy.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021