Bupati Kapuas Hulu Kalimantan Barat Fransiskus Diaan mengimbau masyarakat Kapuas Hulu tidak buang air besar di sembarangan tempat untuk mewujudkan perilaku masyarakat hidup sehat.
 
" Terima kasih kepada desa yang ada di Boyan Tanjung yang mendeklarasikan stop buang air besar sembarangan atau Open Defecation Free (ODF), semoga desa lain bisa meniru prestasi itu," kata Fransiskus Diaan, saat menghadiri deklarasi ODF, di Kecamatan Boyang Tanjung Kapuas Hulu, Senin.
 
Disampaikan Fransiskus, dari 282 desa dan kelurahan yang ada di Kapuas Hulu, hingga Maret Tahun 2021, baru 28 desa (9,9 persen) atau 14 kecamatan dari 23 kecamatan yang sudah layak menjadi desa ODF. 
 
Namun, akses sanitasi jamban sehat di Kecamatan Boyan Tanjung sebanyak 77,8 persen. Kecamatan Boyan Tanjung telah mampu mencapai empat desa ODF sejak Tahun 2018 hingga saat ini.
 
Menurut dia, deklarasi stop buang air besar di sembarang tempat atau ODF merupakan wujud pemberdayaan masyarakat desa, yang dengan kemandirian nya mampu mengubah perilaku masyarakat menuju perilaku hidup yang lebih bersih dan sehat, dari masyarakat yang buang air besar di sembarang tempat menjadi buang air besar di jamban yang sehat. 
 
" Itu merupakan bentuk komitmen yang tinggi dari masyarakat dalam upaya pencegahan penyakit berbasis lingkungan," ucap Fransiskus.
 
Fransiskus mengaku bangga kepada kepala desa dan seluruh masyarakat desa Nanga Betung, Mujan, Delintas Karya Kecamatan Boyan Tanjung yang telah berkomitmen untuk melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat melalui gerakan stop buang air besar di sembarang tempat.
 
" Saya berharap agar prestasi itu dapat dipertahankan dan berkelanjutan agar seluruh masyarakat di desa tersebut tetap sehat dengan lingkungan dan kebersihan nya yang selalu terjaga," pinta Fransiskus.
 
Selain itu, pria yang akrab di sapa Sis itu juga menekankan agar desa lainnya yang ada di Kapuas Hulu dapat mencontoh desa yang ada di Boyan Tanjung.***3***
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021