Tim Satgas COVID-19 Kota Singkawang mulai menggelar Check Point (pemeriksaan suhu tubuh) terhadap pengunjung yang masuk dari arah Sambas ke Singkawang tepatnya di simpang VIT, sebagai bagian dari kegiatan pencegahan masyarakat melakukan mudik jelang Lebaran. 

"Kami bersama TNI, Polri, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan BPBD melaksanakan pengetatan peniadaan mudik lebaran tahun 2021 dengan melakukan pemeriksaan suhu terhadap pengunjung yang masuk ke Kota Singkawang. Pemeriksaan Check Point ini mulai diberlakukan pada hari ini sampai H+7 Idul Fitri," kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Singkawang, Adi Haryadi di Singkawang, Kamis.

Untuk di Kota Singkawang, katanya, ada tiga posko Check Point yang disiapkan di tiga pintu masuk Singkawang, seperti Pasir Panjang, Simpang VIT dan Bagak Sahwa.

Setiap pengunjung yang masuk ke Kota Singkawang, akan diperiksa suhu tubuhnya sesuai dengan SOP.  "Apabila suhu tubuhnya melebihi 37 derajat Celcius, maka kita lakukan rapid antigen. Dan apabila hasilnya reaktif maka kita minta pengunjung tersebut putar balik," tuturnya.

Dalam kegiatan Check Point yang digelar, pihaknya hanya fokus kepada kendaraan luar yang ingin masuk ke Kota Singkawang. Terlebih Kota Singkawang sangat berdekatan dengan perbatasan Negara Malaysia. 

"Apabila didapati banyak barang-barang dan jumlah penumpangnya banyak, maka kami indikasikan sebagai pemudik. Sehingga kita lakukan pemeriksaan suhu tubuh secara acak," katanya.

Kapolsek Singkawang Utara AKP Harsoyo mengatakan, dalam operasi penyekatan ini pihaknya bersama stakeholder lainnya siap melakukan pemeriksaan selama 24 jam. "Kami akan full melakukan penjagaan dan pemeriksaan sesuai perintah pimpinan," tuturnya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021