Usaha Mikro Kecil, Menengah  (UMKM) binaan Rumah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Sambas, Kalimantan Barat berhasil menjuarai Hampers Competition tingkat nasional untuk kategori Rumah BUMN Kelas B Bank BRI.

"Alhamdulillah, Rumah BUMN Sambas meraih Juara 1 dalam ajang Hampers Competition UMKM BRI untuk kelas B Rumah BUMN Seluruh Indonesia. Terima kasih atas dukungan rekan-rekan semua," ujar  Koordinator PKH Kabupaten Sambas sekaligus Team Leader Amping Sambas Big Project Wahyudi, saat dihubungi di Sambas, Senin.

Ia mengatakan kemenangan tersebut secara kelompok yang diketuai oleh pemilik Dapur Kacak.

"Menang itu secara kelompok yang diketuai oleh Firman pemilik Dapur Kacak sekaligus Ketua HIPMI Sambas di bawah binaan Rumah BUMN Sambas," kata dia.

Kelompok hamper tersebut terdiri atas, Amping Sambas, Jamur Crispy, Madu Kelulut, Tas Tenun Sambas, Piring Bambu, dan Anyaman Rotan.

Sementara itu Direktur Rumah BUMN Sambas Firmansyah mengatakan untuk penilaian ada berbagai aspek, baik itu visual maupun isi dari hampers.

"Penilaiannya ada berbagai aspek, mulai dari visual, kemudian isi hampers, model kemasan yang menarik, menggunakan kemasan yang terbuat dari anyaman rotan dan isinya yang merupakan produk-produk unggul yang ada di Sambas, serta mungkin karna keunikan hampersnya, membuat kami menang," kata dia.

Saingan di kelas B meliputi rumah BUMN BRI Purwakarta, Banjarmasin, Jayapura, Gianyar, Mataram, Lampung, Makasar, Malang, Manado, Padang, Palembang, Semarang, dan Purwokerto.

Ia mengatakan dengan kemenangan ini, para UMKM harus lebih bersemangat lagi, bersinergi, dan lebih inovatif, untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produk-produk mereka.

"Rumah BUMN Sambas sudah bersinergi dengan Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan Sambas selalu mendukung untuk kemajuan UMKM Sambas. Oleh karena itu diharapkan kepada pelaku UMKM terus aktif mengikuti kegiatan-kegiatan pelatihan yang diadakan oleh RB Sambas maupun Diskumindag Sambas," harap dia.
 

Pewarta: Dedi / Tim Magang Untan Pontianak, Yunita

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021