Kepala Perwakilan Badan Kependudukan  dan Keluarga Berencana Nasional Kalimantan Barat, Trnny C Soriton sangat mengapresiasi keberhasilan pencapaian Pendataan Keluarga tahun 2021 (PK21) Kabupaten Sintang yang mampu menembuh hingga 61,71 persen yang telah terimput dalam server PK21 hari Jumat per tanggal 28 Mei 2021 pada pukul 22.00 WIB.

"Saya apresiasi kerja Tim Dinas KBP3A Kabupaten Sintang yang di pimpin Kepala Dinas KBP3A, Maryadi beserta jajaran. Mereka terjun langsung ke desa desa untuk memonitor pelaksanaan Pendataan Keluarga 2021 di Kabupaten Sintang," kata Tenny C Soriton di Sintang, Sabtu.

Hasil ini kata Tenny, sesuai laporan akan terus bertambah dengan masih akan bergerak karena berdasarkan laporan tadi masih banyak formulir yang sudah terkumpul. Untuk lebih memaksimalkan kemarin Jumat (28/5) ia bersama rombongan BKKBN Kalbar lainnya mengelar pertemuan dengan para Kader Pendata di Balai Pertemuan Kantor Kepala Desa Merti Guna Kecamatan Sintang Kabupaten Sintang.

"Dalam kesemapat ini saya berterima kasih kepada para kader pendata dan PKB/PLKB yang kompak serta gigih bekerja bersama sama untuk mensukseskan pendataan keluarga di Kabupaten Sintang," ujar Tenny.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas KBP3A Kabupaten Sintang, Maryadi mengungkapkan, terima kasih atas kunjungan Keper ala Perwakilan BKKBN Kalbar beserta tim di Desa Merti Guna Kecamatan Sintang Kabupaten Sintang.

"Sebenarnya ini diluar jadwal pak Kaper BKKBN, kebetulan beliau ada jadwal di Melawi maka Kami mengundang beliau ke desa ini untuk bertemu dengan kader agar dapat memberikan motivasi kepada para petugas pendata, Kader dan PKB/PLKB," terang Maryadi.

Kepala Dinas KBP3A Sintang juga menyebutkan, perhatian pihak BKKBN sangat luar biasa dengan bersedianya Kepala Perwakilan BKKBN beserta Tim hadir di Desa Merti Guna kecamatan Sintang.

Dilaporkannya juga menurut evaluasi di Kecamatan Sintang sudah diatas 50 persen dalam waktu belum sampai 2 bulan cukup signifikan perolehan Pendataan Keluarga, ini karena di kecamatan sintang jumlah penduduknya terbanyak untuk wilayah Kabupaten Sintang.

"Untuk Kecamatan Ketungau Tengah masih 0 persen, berkat kegigihan Tim Dalduk KBP3A Kabupaten Sintang yang terjun langsung di Kecamatan tersebut, semua masalah bisa diatasi sehingga untuk totalitas untuk Kabupaten Sintang patut Kita apresiasi," ungkap Maryadi.

Dari data ter update Pendataan Keluarga 2021 di masing- masing kabupaten/kota di Kalbar pada hari Jumat, tanggal 28 Mei 2021 pukul 22.00 WIB, capaian 50 persen keatas antara lain Kabupaten Sekadau ; 101.43 persen, Kabupaten Sambas ; 93,75 persen, Kabupaten Kayong Utara ; 85,65 persen, Kabupaten Kapuas Hulu ; 83,92 persen, Kabupaten Sanggau ; 75.21 persen, Kabupaten Mempawah ; 62.23 persen.

Kemudian, Kabupaten Sintang ; 61.71 persen, Kabupaten Bengkayang 60.35 persen, Kabupaten Landak ; 56.77 persen, Kabupaten Kubu Raya ; 53.36 persen, Kabupaten Ketapang ;  52.90 persen, sedangkan capaian 50 persen kebawah adalah Kota Singkawang ; 48.22 persen, Melawi ; 47.33 persen , Kota Pontianak ; 28.69 persen.

Total sementara penyerapan pencapaian PK21 Kalbar sebesar 59.48 persen dan angka angka ini akan masih terus bergerak setiap waktunya.


 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021