Sejumlah nelayan di Kepulauan Karimata, Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat, resah dengan maraknya aksi bajak laut yang beroperasi sejak Ramadhan lalu hingga mengganggu aktivitas dan keselamatan mereka selama melaut.

"Pembajak itu merampas barang -  barang nelayan, seperti  solar, beras dan ikan hasil tangkapan nelayan. Dengan total kerugian kurang lebih Rp16 juta. Kita sudah melaporkan hal tersebut ke Bupati dan aparat hukum di Polres Kayong Utara," kata petugas di Kantor Camat Kepulauan Karimata Yerry Syulasman saat dihubungi di Sukadana, Minggu.

Ia melanjutkan, para bajak laut itu mengintai dan menjarah nelayan yang berada di  Kepulauan Karimata dengan menggunakan senjata api saat menangkap ikan.

Menurutnya, aksi bajak laut di lautan itu telah terjadi sejak bulan Ramadhan lalu dan sudah dilaporkan ke pihak berwajib, namun belum ada pelaku yang berhasil ditangkap sampai saat ini.

"Nelayan  kita di Kepulauan Karimata  merasa sangat takut dengan aksi perompak itu  yang sewaktu - waktu bisa meneror mereka ketika sedang mencari ikan di lautan lepas," jelasnya.

Ia mengungkapkan, pihaknya sudah menerima laporan sebanyak tiga kapal yang menjadi korban aksi bajak laut yang menghantui perairan Karimata. Dari laporan tersebut, didapat informasi jika bajak laut tersebut beraksi pada malam hari dengan jumlah pelaku cukup banyak.

"Ada tiga pemilik kapal nelayan  yang sudah melapor ke kita yaitu KM Batara 2, KM PO Saedon dan KM Anugrah. Ketiganya ini terjadi di pertengahan Ramadhan kemarin hingga sekarang," ujar dia.

Dari keterangan  nelayan tersebut, diakui  pelaku menggunakan kapal dengan mesin 4 silinder dengan modus ingin menguasai  barang - barang milik nelayan dengan menggunakan senjata api yang mereka todong.

"Dari keterangan korban, pelaku perompak itu diperkirakan berjumlah kurang lebih 7 orang, dan menurut mereka menggunakan kapal dengan mesin 4 silinder, " kata dia.

Kepulauan Karimata merupakan salah satu sentra perikanan di Kabupaten Kayong Utara yang berbatasan langsung dengan Provinsi Bangka Belitung.

Pewarta: Rizal

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021