Sebanyak 286 peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) Tahun Akademik 2021/2022 di Kampus Politeknik Negeri Sambas (Poltesa), Kalimantan Barat.

"Peserta UTBK tahun 2021 ini berjumlah 286 orang, para peserta berasal dari lulusan SMA/SMK/MA sederajat yang ada di wilayah Singkawang, Bengkayang, dan Sambas (Singbebas) dan sekitarnya," ujar Ketua Panitia PMB Poltesa Tahun 2021, Hendrick Pramana saat dihubungi di Sambas, Sabtu.

"Sebelum memasuki ruang UTBK, para peserta terlebih dahulu diperiksa suhu tubuhnya untuk memastikan kesehatan peserta, dan para peserta juga diwajibkan untuk mencuci tangan, memakai masker, dan menggunakan handsanitizer yang disiapkan oleh panitia PMB," lanjut Hendrick. 

Ia menjelaskan bahwa pelaksanaan UTBK tersebut dibagi ke dalam 3 sesi menggunakan 6 ruang Laboratorium Komputer. 

"UTBK tahun ini sedikit berbeda, karena kita sedang berada di situasi Pandemi COVID-19, Panitia PMB berusaha semaksimal mungkin menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran COVID-19 di lingkungan Kampus Poltesa, kami membagi pelaksanaan UTBK ke dalam 3 sesi, 1 kelas terdiri dari 15-16 orang peserta," kata dia.

Lebih lanjut Hendrick menjelaskan bahwa setelah pelaksanaan UTBK ini panitia akan mengumumkan hasil Seleksi SBMPN 2021.

"Setelah peserta SBMPN Poltesa melalui Tes UTBK, kami akan mengumumkan hasil seleksi di laman website www.poltesa.ac.id, langkah selanjutnya peserta yang dinyatakan lulus wajib melakukan registrasi pada tanggal 21-28 Juni 2021. Bagi peserta SBMPN yang tidak lulus, jangan khawatir ya, kita masih ada satu jalur lagi untuk masuk ke Poltesa, yaitu Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri yang rencananya akan dilaksanakan tanggal 3-17 Juli 2021," jelasnya.

Ia berharap seluruh peserta SBMPN dan SBMPTN Poltesa yang dinyatakan lulus dapat lebih aktif memantau informasi PMB Poltesa, di laman website poltesa.ac.id, atau di media sosial kampus Poltesa : Facebook @Politeknik Negeri Sambas, Instagram @officialpoltesa.

"Jangan sampai ketinggalan informasi. Selain itu, kami juga berpesan kepada seluruh calon Mahasiswa Poltesa agar selalu menerapkan protokol kesehatan, terutama jika keluar rumah dan ke kampus," katanya.

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021