Anggota TNI bersama warga Desa Bika Hulu, Kecamatan Bika, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat gotong royong membangun rumah yang akan digunakan sebagai tempat isolasi mandiri bagi pasien COVID-19 di daerah tersebut.
 
"Anggota kami bersama warga gotong royong membangun rumah isolasi pasien COVID-19 setelah ada kesepakatan musyawarah di desa Kecamatan Bika," kata Danramil 1206-12/Kalis Pelda Mulyadi di Putussibau, Kapuas Hulu, Minggu.
 
Mulyadi menyampaikan gotong royong itu dilaksanakan babinsa bersama warga Bika sebagai wujud upaya menanggulangi sebaran COVID-19.


Baca juga: Dinkes Pontianak: Keterisian ruang isolasi COVID-19 di Pontianak mengkhawatirkan
Baca juga: Lansia 95 tahun di Pontianak sembuh dari COVID-19
 
 
Dia menjelaskan rumah tersebut nantinya digunakan tempat isolasi mandiri bagi warga di daerah itu yang dinyatakan positif COVID-19, baik melalui tes PCR maupun tes usap antigen.
 
"Pembangunan rumah itu upaya antisipasi di tengah pandemi COVID-19, karena belum ada yang mengetahui kapan sebaran COVID-19 akan berakhir," kata dia.
 
Anggota Babinsa Koramil 1206-12/Kalis Koptu Dwi Purwanto mengatakan pembangunan rumah khusus untuk isolasi itu langkah antisipasi apabila ruang Isolasi di rumah sakit maupun puskesmas yang telah ditunjuk sudah tidak mampu menampung pasien positif COVID-19.
 
"Kami bersama warga bahu-membahu membangun rumah itu, yang letaknya cukup jauh dari pemukiman warga," ucap dia.



Baca juga: Dinkes Pontianak tingkatkan kapasitas rumah sakit dan fasilitas isolasi pasien COVID-19
Baca juga: Pemkot Pontianak sediakan alat medis ringan di rumah isolasi
 
 
Purwanto menjelaskan dalam penentuan letak rumah isolasi mandiri juga mempertimbangkan relawan COVID-19 agar mudah dalam memantau perkembangan pasien serta penyediaan logistik selama isolasi mandiri.
 
"Mudah-mudahan di Desa Bika Hulu tidak terjadi penyebaran COVID-19 secara massal sehingga rumah tersebut bisa digunakan untuk hal lain yang berguna bagi desa dan masyarakat," kata dia.
 
Koramil 1206-12/Kalis membawahi dua kecamatan, yaitu Kalis dan Bika.


Baca juga: Pemkab Sintang siapkan rumah susun dan gedung diklat untuk pasien COVID-19
Baca juga: Antisipasi lonjakan pasien COVID-19 Pontianak siapkan fasilitas isolasi
Baca juga: Pemkot Pontianak siapkan ruang diklat antisipasi rumah isolasi Rusunawa penuh
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021