Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat menyatakan kesiapan mereka untuk mendorong guru mengkonsumsi beras lokal hasil pertanian masyarakat di kabupaten itu.

"Untuk tahap awal, kita fokuskan dulu sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Sungai Raya. Setelah itu kita akan mendata guru-guru yang ingin membeli beras lokal di kecamatan lainnya," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya, Muhammad Ayub di Sungai Raya, Minggu.

Dia mengatakan, hal tersebut dilakukan mengingat sudah ada beberapa guru untuk membantu petani, di mana kondisi ini dapat dilihat dari jumlah beras lokal yang dipesan guru di Kubu Raya.

"Tahap pertama ini, lebih dari 100 guru yang sudah kita data untuk membeli beras setiap bulannya, ada yang memesan beras lokal ukuran 10 kilogram dan ada juga yang 20 kilogram," tuturnya.

Ayub menilai, program beras lokal Kubu Raya ini sangat baik untuk membantu petani di daerah ini, apalagi dengan adanya kebijakan Bupati Muda Mahendrawan melalui pasar sistemik membuat jaminan harga beras lokal Kubu Raya bisa terjamin di pasaran, sehingga petani di setiap desa semakin bergairah untuk mengembangkan lahan pertaniannya.

Sementara itu Kepala Sekolah SDN 58 Sungai Raya Ahmadi sangat mendukung program bupati Kubu Raya untuk beras lokal, karena beras lokal ini sangat dibutuhkan warga masyarakat yang perekonomiannya sangat rendah dan beras lokal ini juga membantu petani Kubu Raya, karena saat ini masih banyak lahan-lahan yang belum dimanfaatkan dengan baik untuk menanam padi.

"Artinya, petani itu diberikan kesempatan supaya bisa lebih bergairah lagi untuk bercocok tanam, sehingga dengan program beras lokal ini bisa meningkatkan perekonomian petani itu sendiri. Saya berharap kepada seluruh kepala sekolah yang ada di Kubu Raya, ayo kita dukung program Pak Bupati Muda Mahendrawan dengan program beras lokal ini," katanya.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021