Kepala RSUD Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, dr Novi mengatakan, saat ini bed occupancy rate (BOR) untuk pasien COVID-19 di rumah sakit tersebut masih banyak tersedia dengan rasio ketersediaan hingga 5 Juli 2021 88,9 persen. 

"Untuk jumlah kapasitas BOR di RSUD Kubu Raya sebagai rujukan terakhir untuk penanganan pasien COVID-19 di kabupaten ini masih cukup banyak. Jumlah yang tersedia sebanyak 77 dan masih ada 88,9 persen yang tersedia," kata Novi di Rasau Jaya, Rabu.

Dia menjelaskan, saat ini ada delapan pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit tersebut, di mana untuk penanganannya sudah dilakukan secara maksimal.

"Demikian untuk ketersediaan oksigen, semua masih aman," tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Marijan mengatakan, dalam penanganan pasien COVID-19 yang ada di Kubu Raya, pihaknya telah mengintensifkan peran serta pemerintah desa untuk menghindari penumpukan pasien COVID-19 di Puskesmas dan rumah sakit.

"Saat ini, setiap Satgas COVID-19 di tingkat desa yang sudah dibentuk, sudah menyiapkan rumah isolasi bagi masyarakat yang terkonfirmasi COVID-19. Jadi, sistemnya, ketika ada masyarakat yang terkonfirmasi COVID-19, maka Satgas COVID-19 di tingkat desa akan melakukan isolasi mandiri masyarakat tersebut di rumah isolasi yang sudah di siapkan," katanya.

Lalu, Satgas akan menghubungi puskemas terdekat. Puskesmas akan mengirim tenaga kesehatan untuk menangani pasien tersebut dan menyiapkan segala kebutuhan bagi pasien, termasuk oksigen, pengobatan dan sarana pendukung lainnya.

Selama masa isolasi, pasien tersebut akan terus di pantau perkembangannya, baik dari Satgas COVID-19 desa maupun nakes yang ada. Bentuk pemantauan bisa mendatangi langsung, atau melalui telepon dan WA serta sarana penunjang lainnya.

"Jika pasien yang di isolasi mandiri mengalami gejala lanjutan, baru kita bawa ke RSUD Kubu Raya yang ada di Rasau Jaya untuk penanganan lanjut. Dengan demikian, upaya ini menjadi langkah bersama dalam penanganan pasien COVID-19 di Kubu Raya," tutur Marijan.

Marijan menambahkan, selama masa pandemi COVID-19, ini pihaknya telah mengintensifkan 20 Puskesmas yang ada di Kubu Raya, berikut 128 Puskesdes dan 72 Pustu yang tersebar di seluruh kecamatan di Kubu Raya.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021