Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat mengatakan masih banyak warga di Kapuas Hulu yang tidak disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (Prokes) terutama dalam penggunaan masker saat berpergian ke luar rumah.

"Kami sudah berusaha maksimal sosialisasi dan masih banyak yang tidak disiplin Prokes, minimal memakai masker menjaga diri sendiri dan menjaga masyarakat lainnya dari sebaran COVID-19," kata Wahyud Hidayat, usai meninjau penegakan disiplin Prokes oleh tim gabungan, di Putussibau ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa.

Disampaikan Wahyudi, untuk mempercepat penanganan pandemi COVID-19 tidak cukup hanya dari pemerintah TNI dan Polri, namun yang sangat penting itu kesadaran masyarakat untuk disiplin Prokes.

Menurut dia, pemerintah hanya minta masyarakat patuhi dan disiplin Prokes serta mau ikuti program vaksinasi, karena cepat atau tidaknya pandemi berakhir salah satunya tergantung dengan kesadaran masyarakat dalam mematuhi anjuran pemerintah dalam penerapan Prokes.

"Saya lihat tadi saat razia masker yang di inisiasi oleh Kodim Putussibau, masih banyak masyarakat tidak pakai masker di jalan raya," ucap Wahyudi.

Ia mengimbau agar masyarakat Kapuas Hulu tidak menganggap sepele terhadap penyebaran COVID-19 sebab bisa mengancam kesehatan dan keselamatan dan berdampak luas terhadap berbagai bidang kehidupan.

"Saya imbau masyarakat ikutilah anjuran pemerintah demi keselamatan dan kebaikan kita bersama, minimal menjaga diri sendiri dan keluarga disiplin lah menerapkan protokol kesehatan," pinta Wahyudi.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021