Prajurit TNI Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY melakukan fogging (pengasapan) rumah warga di wilayah perbatasan Kampung Yuwainda, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom, Papua dalam rangka mencegah penularan berbagai bibit penyakit.

Komandan Satgas Pamtas Yonif Mekanis 512/QY Letkol Inf Taufik Hidayat dalam keterangan diterima, Senin mengatakan, kegiatan fogging rumah warga dipimpin Danpos Kalipao Serka Ernandy Singgih juga memberikan himbauan untuk mengajak warga Kampung Yuwainda untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari munculnya bibit-bibit penyakit.

Ditambahkan, Dansatgas Letkol Inf Taufik Hidayat, upaya fogging yang dilakukan oleh Pos Kalipao tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian anggota TNI terhadap kesehatan warga binaan.

"Kegiatan fogging dan himbauan untuk menjaga kebersihan lingkungan ini merupakan upaya kami untuk mencegah timbulnya wabah penyakit, khususnya yang disebabkan oleh nyamuk. Karena mayoritas, wilayah Kabupaten Keerom tingkat kasus penyakit malaria cukup tinggi,"harap Letkol Taufik.

Sasaran pelaksanaan fogging yang dilakukan anggota Pos Kalipao,lanjutnya, meliputi dalam rumah warga, bawah (kolong) rumah, saluran air dan area sekeliling rumah, serta beberapa ruang kelas sekolahan yang ada di SD YPPK Yuwainda.

Ketua pemuda Kampung Yuwainda Martinus yang juga membantu proses fogging mengucapkan terima kasih atas kepedulian anggota Pos Kalipao kepada Kampung Yuwainda.

"Kami mewakili warga kampung sangat berterima kasih kepada abang-abang dari Pos yang sudah memfogging rumah-rumah warga di sini, semoga kebaikan abang-abang Pos semua selalu di berkati Tuhan," ucap Martinus.

Sementara itu, Kepala Kampung Yuwainda juga berterima kasih kepada anggota Pos Kalipao atas kepedulianya terhadap warga Kampung Kalipao.

"Saya akan menghimbau kepada warga yang lain agar bersama-sama menjaga kebersihan di lingkungan Kampung Yuwainda,"ujarnya.


 

Pewarta: Muhsidin

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021