Meski pun berada di daerah pedalaman wilayah Timur Provinsi Kalimantan Barat, semarak Hut Kemerdekaan ke-76 di Desa Sasan Kecamatan Pengkadan wilayah Kapuas Hulu patut menjadi contoh bagi daerah lainnya, sedikitnya 130 bendera merah putih dan puluhan umbul-umbul berkibar di daerah tersebut.

"Itu sebagai wujud kecintaan kami terhadap NKRI dan menghormati jasa para pahlawan yang mengorbankan jiwa raga untuk kemerdekaan bangsa Indonesia yang kita nikmati saat ini," kata Kepala Desa Sasan Abdul Rani, dihubungi ANTARA, di Putussibau ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu, Senin.

Disampaikan Rani, tanpa jasa dan pengorbanan para pahlawan pendahulu tidak mungkin kita bisa merdeka.

Maka, jaga dan rawat serta pertahankan NKRI, apa pun kondisi bangsa kita di tengah pandemi, kita harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan.

"Kita sebagai warga negara jangan mau di pecah oleh pihak-pihak tertentu, NKRI harus kita jaga sampai maut menjemput," tegas Rani.

Dikatakan Rani, saat ini pandemi COVID-19 masih melanda Indonesia, untuk itu perlu dukungan dan kerjasama seluruh lapisan masyarakat membantu pemerintah melawan sebaran COVID-19.

"Tanamkan semangat juang para pahlawan untuk kita melawan COVID-19," kata Yani.

Sebagai Kades di daerah pedalaman, Yani mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menanamkan semangat patriotisme dan mengibarkan bendera merah putih di masing-masing halaman rumah.

"Suatu kebanggan kita punya NKRI, kibarkan merah putih, Hut Kemerdekaan momentum untuk kita meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan di tengah wabah COVID-19 yang sedang melanda," ajak pria yang saat ini baru berusia 33 tahun.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021