Pemerintah Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat membagikan paket sembako bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan kepada 250 nelayan di daerah itu yang terdampak pandemi COVID-19.

"Bantuan yang diberikan adalah merupakan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Dirjen Perikanan Tangkap yang sebelumnya sudah kami serahkan secara simbolis pada Peringatan Bulan Bakti Nelayan pada 5 Agustus 2021," kata Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie di Singkawang, Senin.

Penyaluran bantuan itu di halaman kantor wali kota setempat, antara lain dihadiri sekretaris daerah pemkot setempat dan pelaksana tugas kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikangan Kota Singkawang.

Ia mengharapkan batuan tersebut meningkatkan semangat para nelayan setempat dalam aktivitas melaut.

"Kepada para nelayan ada baiknya mengetahui dan memahami keadaan laut demi mengurangi kemungkinan terkena musibah," ujarnya.

Artinya, katanya, apabila cuaca sedang tidak bersahabat, diharapkan para nelayan bisa menahan diri agar tidak melaut sambil menunggu cuaca bagus.

"Jangan terlalu memaksakan diri meskipun saat ini sedang dalam pandemi COVID-19," katanya.

Ia menyebut setiap paket bantuan berisi, antara lain beras, minyak goreng, gula pasir, penyanitasi tangan, dan masker.

"Apa yang diberikan pemerintah pusat adalah merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat Singkawang, khususnya para nelayan," katanya.

Dia berpesan kepada para nelayan agar tidak segan-segan menyampaikan tentang kendala yang dihadapi kepada Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Kota Singkawang supaya dicari solusinya.

"Kepada para nelayan, jangan segan-segan untuk menyampaikan kendala kepada Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Singkawang sehingga kita bisa mencarikan solusi untuk menjaga kesejahteraan mereka," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021