Pemerintah Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, menyambut baik dan mengapresiasi atas terbentuknya Tim Penanganan Konflik Sosial daerah itu karena diharapkan dapat mengantisipasi dan mencegah dari segala kemungkinan terjadinya konflik.

"Kami menyambut baik dan mendukung atas terbentuknya tim ini karena ini sebagai salah satu wujud dari tekad dan komitmen pemerintah dalam berupaya untuk menjaga stabilitas daerah sehingga konflik yang timbul dapat dicegah dan diatasi," ujar Bupati Kayong Utara Citra Duani saat dihubungi di Sukadana, Kamis.

Untuk mencegah terjadinya konflik, Bupati Citra mengharapkan Tim Terpadu tersebut memiliki kemampuan deteksi dini serta tanggap terhadap dinamika yang terjadi di masyarakat.

"Saya berharap Tim Terpadu ini memiliki kemampuan deteksi dini, siap, tanggap dan sigap dalam merespon setiap dinamika yang terjadi di masyarakat sehingga setiap potensi yang mengarah kepada konflik dapat segera teratasi dengan baik," kata dus.

Selanjutnya terkait dengan upaya penanganan konflik sosial di Kayong Utara, Citra juga menginginkan agar didukung oleh seluruh elemen masyarakat baik itu tokoh agama, suku, tokoh adat dan pemuda serta memelihara hubungan baik di lingkungan masyarakat.

"Jadi kami mengajak semua pihak bersama bersama kita mencegah terjadinya konflik dan bersama kestabilan keamanan serta ketertiban daerah," kata dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021