Suku Dayak Banuaka' Taman di Kapuas Hulu Kalimantan Barat menetapkan salam persatuan yang telah disepakati dan dikukuhkan pada musyawarah adat Dayak Banuaka' Taman di daerah tersebut.

Salam persatuan Dayak Banuaka' Taman tersebut yaitu "Simalo' Maloki', Manjujurang Kamaman, Maniroi Jo Iyang Suka" dengan jawaban salam Loloiii (untuk laki-laki) dan Lililiii (untuk perempuan),  yang artinya yaitu mari bersama-sama melakukan kebaikan meneladani yang Maha Kuasa.

"Salam itu bisa digunakan dan digaungkan oleh suku Dayak Taman dimana pun berada sebagai salam persatuan," kata tokoh masyarakat Dayak Banuaka' Taman Kapuas Hulu Ambrosius Sadau, usai memimpin sidang musyawarah adat Dayak Banuaka' Taman, di Putussibau Selatan wilayah Kapuas Hulu, Selasa.

Disampaikan Sadau, salam persatuan itu sudah disepakati dalam musyawarah adat yang dihadiri para sesepuh adat dan Temenggung suku Dayak Taman.

Sementara itu,  perwakilan dari empat Temenggung Dayak Taman Petrus Tampang menyambut baik ditetapkannya salam persatuan Banuaka' Taman.

Menurut dia, salam persatuan itu sudah sejak lama dicita-citakan masyarakat Banuaka' Taman, namun karena penetapan itu harus melalui musyawarah adat, maka baru pada kesempatan ini dapat dilaksanakan.

"Saya berharap salam Banuaka' Taman itu dapat disosialisasikan kepada semua masyarakat khususnya Suku Dayak Banuaka' Taman dan masyarakat di komunitas Banuaka' Taman wajib tahu dan mengetahui salam Banuaka' Taman tersebut," pinta Petrus Tampang.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021