Musbaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) V Tingkat Kabupaten Kayong Utara diharapkan dapat menjadi sebuah momentum untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Hal ini disampaikan Bupati Kayong Utara Citra Duani pada acara pembukaan MTQ V Tingkat Kabupaten Kayong Utara di Desa Satai Lestari, Kecamatan Pulau Maya, Senin (27/9/2021).

"Selain itu MTQ V ini diharapkan sebagai ajang untuk mempererat tali silaturahmi sehingga dapat menjadi pondasi yang kokoh dalam mewujudkan pembangunan baik secara fisik maupun pembangunan mental spiritual masyarakat Kabupaten Kayong Utara yang senantiasa berpegang pada norma-norma agama," kata Citra.
 
Bupati Kayong Utara Citra Duani dalam kegiatan pembukaan MTQ V tingkat Kabupaten Kayong Utara (ANTARA/Ho-Prokopim KKU)


Bupati Citra juga berharap melalui MTQ V dapat menghasilkan Qori/Qori'ah serta Hafiz/Hafizah terbaik yang akan mewakili Kayong Utara pada kegiatan MTQ di tingkat Provinsi Kalimantan Barat.

"Saya berharap MTQ ke lima ini akan menghasilkan Qori/Qori'ah serta Hafiz/Hafizah yang terbaik, yang nantinya akan mewakili dan dapat mengharumkan nama Kabupaten Kayong Utara pada kegiatan MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2021 yang akan diselenggarakan di Kabupaten Sintang," ucap Bupati.

Bupati Citra juga menjelaskan bahwa sejak Pulau Maya berdiri dari tahun 1801 hingga sekarang atau sudah lebih dari dua ratus tahun, baru kali ini kegiatan MTQ Tingkat Kabupaten Kecamatan Pulau Maya dijadikan sebagai tuan rumah, hal ini guna untuk memberikan pemerataan dan keadilan bagi masyarakat Kabupaten Kayong Utara.
 
Bupati Kayong Utara Citra Duani dalam kegiatan pembukaan MTQ V tingkat Kabupaten Kayong Utara (ANTARA/Ho-Prokopim KKU)


Kemudian Citra berpesan kepada para peserta agar selalu menjaga kesehatan dan menerapkan prokes serta selalu mengedepankan sportifitas sehingga dapat meningkatkan tali silaturahmi.

"Kepada para peserta yang mengikuti lomba, Saya berpesan agar selalu menjaga kesehatan dengan selalu menerapkan protokol kesehatan serta selalu menjunjung tinggi sportifitas karena walaupun sedang mengikuti perlombaan untuk menang, namun jangan jadikan itu sebagai saingan yang dapat merusak nilai-nilai persaudaraan tetapi jadikan pelaksanaan MTQ ini sebagai momen yang berharga untuk menimba ilmu pengetahuan serta memupuk tali silaturahmi sesama Muslim," ujar Citra.


Baca juga: Disdukcapil KKU hadirkan layanan adminduk di MTQ V
Baca juga: Wabup Ketapang harap pelaksanaan MTQ bisa tingkatkan iman dan taqwa


Pada kegiatan Pembukaan MTQ V Tingkat Kabupaten Kayong Utara tersebut juga turut dihadiri oleh Ketua LPTQ Provinsi Kalimantan Barat, Ketua LPTQ Kayong Utara, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kayong Utara, Kepala Kemenag Kayong Utara, Kejari Ketapang, LO Dandim, Danlanal Ketapang, Raja Simpang, beberapa Kepala OPD Kayong Utara, Camat Se Kabupaten Kayong Utara, Kepala Desa Se Kecamatan Pulau Maya serta diikuti oleh kafilah dari enam kecamatan se Kabupaten Kayong Utara.
 

MTQ Pandeglang akan digelar dengan penerapan prokes

 

 

Pewarta: Japri/Prokopim

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021