Sebanyak 158 peserta siap berlaga di Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) V Tingkat Kabupaten Kayong Utara yang digelar di Desa Satai Lestari, Kecamatan Pulau Maya.

Hal ini disampaikan oleh Ketua LPTQ Kabupaten Kayong Utara, Effendi Ahmad ketika menyampaikan laporannya pada pembukaan MTQ V Senin (27/09/2021).

"Dalam MTQ V ini, peserta yang mengikuti perlombaan berjumlah 158 orang, dan bagi peserta yang berhasil menjadi yang terbaik (menang) pada ajang perlombaan MTQ Tingkat Kabupaten Kayong Utara ini akan dipilih untuk mewakili Kabupaten Kayong Utara dalam mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Barat yang akan diselenggarakan di Kabupaten Sintang pada bulan November 2021 mendatang," ujar Effendi Ahmad, yang juga merupakan Wakil Bupati Kayong Utara.

Baca juga: MTQ V Kayong Utara momentum untuk tingkatkan iman dan taqwa

Effendi juga menceritakan sedikit tentang perjalanan MTQ di Kabupaten Kayong Utara. "MTQ KKU pertama kali diselenggarakan pada tahun 2009 di Kecamatan Sukadana, MTQ ke dua di Kecamatan Simpang Hilir tahun 2011, MTQ yang ke tiga di Kecamatan Teluk Batang tahun 2013 dan MTQ ke empat kembali diselenggarakan di Kecamatan Sukadana pada tahun 2015," katanya.

Setelah itu sejak tahun 2016 hingga tahun 2020 pelaksanaan MTQ Tingkat Kabupaten Kayong Utara absen atau tidak diselenggarakan lagi. "Namun pada tahun 2021 ini MTQ ke V (lima) Tingkat Kabupaten Kayong Utara dapat dilaksanakan kembali yaitu di Desa Satai Lestari Kecamatan Pulau Maya," ujar Effendi.
 
Ketua LPTQ Kabupaten Kayong Utara, Effendi Ahmad (ANTARA/Ho-Prokopim)


Effendi juga mengucapkan terimakasih atas dukungan oleh semua pihak atas terselenggara kegiatan MTQ V di Kecamatan Pulau Maya tersebut.

"Saya atas nama Pemerintah Daerah serta selaku Ketua LPTQ Kabupaten Kayong Utara, Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan turut serta dalam membantu untuk mensukseskan penyelenggaraan MTQ V Tingkat Kabupaten Kayong Utara yang diselenggarakan di Desa Satai Lestari, Kecamatan Pulau Maya ini dan mudah-mudahan semua itu menjadi amal ibadah kita semua," ucap Effendi.

Baca juga: Disdukcapil KKU hadirkan layanan adminduk di MTQ V

Kemudian untuk pelaksanaan  MTQ ke VI (enam) Tingkat Kabupaten Kayong Utara pada tahun 2023, Wabup Effendi mengusulkan ke Bupati Citra Duani agar menunjuk salah satu dari dua kecamatan yang belum pernah menjadi penyelenggara kegiatan MTQ Tingkat Kabupaten Kayong Utara yaitu Seponti dan Kepulauan Karimata.

"Pada kesempatan ini, saya juga mengusulkan ke Bapak Bupati Kayong Utara Drs. Citra Duani untuk memilih salah satu kecamatan yang akan menjadi tuan rumah penyelenggara MTQ ke enam Tingkat Kabupaten Kayong Utara pada tahun 2023 mendatang yaitu Kecamatan Seponti dan Kecamatan Kepulauan Karimata karena dua kecamatan tersebut belum pernah menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ Tingkat Kabupaten Kayong Utara," ujar Wabup.

Pewarta: Japri/Prokopim

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021