Tim bola voli gabungan semua pemuda ulu (Gaspul) yang berasal dari Kabupaten Kapuas Hulu perbatasan Indonesia-Malaysia wilayah Kalimantan Barat mengikuti pertandingan bola voli dalam rangka open turnamen Barracuda Cup II di Pontianak.

"Atlet bola voli Tim Gaspul itu mewakili Kapuas Hulu dalam open turnamen di Pontianak, dengan harapan dapat mengharumkan nama daerah Kapuas Hulu," kata Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, saat melepas keberangkatan Tim bola voli Gaspul, di halaman Kantor Bupati Kapuas Hulu, Kamis.

Disampaikan Fransiskus, Pemkab Kapuas Hulu mengapresiasi kerja keras dan perjuangan atlet dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti open turnamen Barracuda Cup di Pontianak.

Menurut dia, kegiatan voli di Kapuas Hulu selama ini tidak terlalu aktif dengan berbagai kendala salah satunya karena pandemi COVID-19.

"Kedepannya kita akan aktifkan kembali kegiatan atau pun kejuaraan voli, untuk mencari bibit atlet, apalagi dengan fasilitas yang sudah cukup baik di indoor, waktu itu saya sempat meninjau langsung kondisi, ada beberapa fasilitasi yang segera di benahi terutama untuk lampu," kata Fransiskus.

Ia berpesan agar atlet voli yang dikirimkan ke Pontianak itu dapat mengharumkan dan menjaga nama baik daerah.

"Junjung tinggi sportivitas, jaga nama baik daerah, semoga kegiatan ini membangkitkan kembali semangat kegiatan voli di Kapuas Hulu, saya senang sekali dengan permainan bola voli, itu salah satu hobi saya," ucap Fransiskus.

Wakil Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sugiri mengatakan KONI mengapresiasi semangat para atlet yang begitu antusias sehingga membentuk club secara permanen dan ini pertama kali Kapuas Hulu mengeluarkan club voli bermain ke luar daerah.

Ia menjelaskan Tim Gaspul itu akan mengikuti open turnamen Barracuda Cup di Pontianak yang akan diselenggarakan sejak 2 Oktober 2021 mendatang.

Dikatakan Sugiri, selama ini Pengurus cabang (Pengcab) Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) agak vakum, diharapkan kedepannya Pengcab PBVSI aktif kembali dengan semangat para atlet voli Kapuas Hulu.

Sementara itu, Pembina Tim Gaspul Joni Kamiso mengatakan semangat dan perjuangan atlet voli membuat dirinya terpanggil untuk membina tim Gaspul.

"Gaspul itu satu-satunya club voli yang resmi memiliki payung hukum, saya minta jaga nama baik Kapuas Hulu, ukir prestasi buktikan bahwa adek-adek atlet mampu berkompetisi," pesan Joni Kamiso.

Joni Kamiso yang juga menjabat sebagai Anggota DPRD Kapuas Hulu itu, berjanji akan memberikan bonus untuk atlet jika bisa mengukir prestasi di open turnamen tersebut.

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021