Pemerintah Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat bersama Kodim 1203/KTP melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan rencana pembukaan ruas jalan Pesaguan Kanan-Dusun Teluk Keluang dan pembangunan "food estate" di Kecamatan Matan Hilir.

"Sosialisasi ini kita lakukan terkait rencana pembukaan akses jalan Pesaguan Kanan-Dusun Teluk Keluang di mana saya didampingi Tim Badan Pengelola, Pengendali, dan Pembangunan Rencana Food Estate Kawasan Potensial Cepat Tumbuh dan Aset-Aset Pemerintah (BP3FE-KPCT-AP) serta Dandim 1203/KTP, Danramil dan Kapolsek Pesaguan," kata Bupati Ketapang Martin Rantan di Ketapang, Selasa.

Dia mengatakan nantinya pembukaan ruas jalan tersebut dilakukan melalui Kegiatan Karya Bakti TNI Kodim 1203/KTP.

Martin menyampaikan bahwa pembukaan ruas jalan Pesaguan Kanan-Dusun Teluk Keluang merupakan proyek strategis daerah.

"Pembukaan jalan ini akan dilakukan melalui program Karya Bakti TNI. Namun nantinya kegiatan ini akan dimasukkan dalam APBD sehingga jalan ini berstandar PU," tuturnya.

Dia berharap, masyarakat Kecamatan Matan Hilir Selatan (MHS) mendukung program strategis daerah yang sudah direncanakan ini.

"Saya berharap agar masyarakat di Kecamatan MHS mendukung program pemerintah ini dan nanti jika ditemukan kendala akan kita selesaikan bersama secara baik," katanya.

Wakil Bupati Ketapang, Farhan menambahkan areal Teluk Keluang Dusun Panca Bhakti, Desa Pesaguan Kanan, Kecamatan Matan Hilir Selatan akan dijadikan lokasi "food estate" atau lumbung pangan baru di Ketapang.

Terhadap program itu, Pemkab Ketapang telah melakukan pendekatan dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, sedangkan Gubernur Kalbar juga mendukung.

"Di Teluk Keluang itu ada sekitar 13.000 hektare lahan yang masuk dalam kawasan hutan produksi dan kawasan konservasi. Manfaat pembangunan 'food estate' selain untuk mencukupi kesediaan pangan masyarakat tentu juga menyerap tenaga kerja dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Ketapang," katanya.

Ia menyebut keterkaitan pembukaan jalan dengan program "food estate".

"Jadi pembukaan Jalan Pesaguan Kanan-Dusun Teluk Keluang juga untuk mendukung program 'food estate' tersebut. Semoga semua program kegiatan yang direncanakan yakni pembangunan jalan dan 'food estate' tersebut berlangsung lancar dan sukses," kata dia.

Pewarta: Rendra Oxtora dan Bandi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021