Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bintang Baru, Desa Parit Baru Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat, melalui  mampu menghasilkan omzet Rp53 juta perbulan dari mengelola internet desa.

"Sampai saat ini sudah ada 216 warga tersebar di empat dusun di desa ini yang menggunakan internet desa dan ditambah tiga korporasi yang berlokasi di Sungai Ambawang. Dari pengelolaan internet desa ini, kita mampu menghasilkan omzet Rp53 juta perbulan, yang mana hasil dari internet desa itu dimanfaatkan untuk membayar gaji karyawan dan untuk menambah pemasangan internet ke rumah warga yang sudah mendaftar," kata Ketua BUMDes Bintang Baru Desa Parit Baru Sutaman di Sungai Raya, Kamis.

Dia menjelaskan, dari jumlah pengguna internet desa ini, mayoritas warga menggunakan internet dengan kapasitas 10 Megabyte Per Second (MBPs), meski demikian ada juga warga yang menggunakan internet berkapasitas 20 sampai 60 Mbps.

Dia menceritakan, sejak awal diluncurkan internet desa pada Januari 2021, jumlah warga yang menggunakan internet desa ini masih terbilang sangat kecil, yang mana dari Januari sampai April 2021 hanya 15 pengguna saja. 

"Alhamdulillah, terhitung sejak bulan Mei sampai September kemarin, jumlah pengguna terus bertambah hingga mencapai 216 user," tuturnya.

Sutaman menargetkan 500 pengguna internet hingga akhir tahun 2021 nanti, karena sampai saat ini sudah ada lebih dari 200 warga yang mengajukan permohonan untuk menggunakan internet desa. 

"Untuk tarif yang kita berikan kepada warga bervariasi, sesuai dengan kapasitas internetnya. Untuk 10 Mbps dikenakan biaya Rp188 ribu sedangkan untuk warga yang menggunakan 20 Mbps dikenakan biaya Rp.251 ribu," katanya.

Dia juga menjelaskan, sampai saat ini pihaknya baru memiliki 5 tenaga khusus internet dan 2 marketing executive. Dari 7 tenaga ini tidak semuanya merupakan warga Desa Parit Baru, karena untuk teknis ini memang membutuhkan pendidikan yang sesuai jurusannya. 

"Ke-7 tenaga ini mayoritas merupakan tamatan SMK yang menguasai bidang digital. Tentunya dengan bertambah jumlah pelanggan internet desa ini, kita juga akan menambah tenaga sesuai dengan jangkauan Internet yang kita miliki," katanya. 


 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021