Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat yang di dalamnya terdapat 20 organisasi wanita membekali kadernya dalam perencanaan keuangan bisnis digital dalam rangka mempermudah pencatatan baik untuk keuangan organisasi maupun manajemen rumah tangga.

"GOW Bengkayang menghadirkan pelatihan perencanaan keuangan berbasis digital dan aplikasi smartphone guna mempermudah proses perencanaan dan pencatatan keuangan organisasi dan manajemen rumah tangga. Perencanaan keuangan organisasi, usaha dan rumah tangga merupakan bagian manajemen terpenting untuk mencapai kesuksesan sebuah usaha. Dengan adanya aplikasi perencanaan langsung di smartphone pelaku usaha di organisasi tidak sulit lagi membuat perencanaan keuangan," ujar Penasehat GOW yang juga TP PKK Bengkayang, Anita Darwis saat dihubungi di Bengkayang, Jumat.

Ia mengajak bahwa sebagai perempuan terutama di Kabupaten Bengkayang harus mengikuti zaman mulai yaitu paham dan melek digital. 

"Perempuan harus melek teknologi dan jangan sampai kita kalah agar kita dapat sejajar dengan kaum laki - laki. Walaupun memiliki karir yang sejajar dengan kaum laki-laki  kita tidak boleh menghilangkan kodrat kita sebagai ibu dari anak-anak atau saat kita pulang ke rumah jadilah istri dan ibu bagi anak-anak," jelas dia.

Istri dari Bupati Bengkayang ini  menilai,  aplikasi berbasis digital  sangat penting untuk bertransaksi dengan pelanggan apalagi di masa pandemi COVID- 19.

"Pemasaran produk lewat digital jauh lebih efektif karena bisa menjangkau pembeli secara luas, lokal, nasional dan bahkan bisa menjangkau luar negeri. Harapan saya untuk GOW Kabupaten Bengkayang lebih berperan aktif sesuai dengan visi dan misi bupati terpilih periode 2021-2026," kata dia.

Ia juga menekankan beberapa hal sebagai anggota organisasi wanita yang ada di Kabupaten Bengkayang dan merupakan perutusan organisasi hendaknya dapat menyadari dan selalu menempatkan diri, untuk menjadi panutan dan memberikan keteladanan, baik dalam lingkungan keluarga maupun masyarakat pada umumnya. 

Selanjutnya, perlu terus menerus dipupuk pemahaman yang tinggi, bahwa tugas, fungsi dan peran yang diemban, adalah merupakan amanah dari organisasi yang harus dipertanggungjawabkan, baik di dunia maupun di akhirat nanti.

"Untuk mengangkat derajat kaum wanita terus dilakukan di berbagai bidang kehidupan, agar wanita dapat duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi dengan laki-laki. Kendati demikian saya perlu kembali mengingatkan, sebagai wanita dengan segala kesibukan profesi dalam upaya meningkatkan kualitas diri, maka jangan sampai wanita lupa akan kodratnya," ucap Anita. 

Sebagai penasehat GOW kabupaten Bengkayang, dirinya  mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh pengurus GOW melalui seksi pendidikan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

"Kembali, saya berpendapat bahwa sudah sangat tepat lah pada abad ini bahwa sebagai seorang wanita harus dapat melek teknologi karena saat ini hidup kita tidak lepas dari keberadaan teknologi," kata dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021