Setelah melalui proses verifikasi dan validasi berkas pencalonan, Panitia Pengarah (SC) Musyawarah Daerah (Musda) XV Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kalbar menetapkan satu Calon Ketua Umum (Caketum) yang lolos administrasi.

“Dalam rapat SC hari ini 15 Oktober 2021 dari dua bakal calon yakni Mohammad Qadhavi dan Balontum Ghulam Muhammad Sharon, hanya Mohammad Qadhavi yang lolos verifikasi administrasi sebagaimana yang diatur dalam AD / ART,” ujar Ketua SC Musda XV Hipmi Kalbar, Syahri di Pontianak,Jumat.

Ia menjelaskan bahwa sebenarnya sebelum memutuskan Caketum Hipmi Kalbar tersebut, SC Musda XV telah melakukan upaya konfirmasi dan konsultasi. Untuk konfirmasi berkas sendiri telah diminta kepada bakal calon terkait agar melengkapi syarat sebagaimana mestinya. Kemudian konsultasi atau asistensi juga telah dilakukan ke BPP Hipmi Pusat langsung. Dua langkah tersebut sudah ditempuh sehingga memutuskan dan menetapkan satu calon.

“Bakal calon yang tidak lolos lantaran tidak memenuhi syarat berupa memberikan sertifikasi Diklatda sebagaimana Pasal 22 ayat 3 ART jo PO 03/2021 pasal 16 ayat 2 & 3; lampiran C II nomor 13. Ia hanya melampirkan sertifikat Diklatcab. SC sudah minta perbaikan berkas namun tidak ada. Kemudian kami juga sudah konsultasi dengan BPP Hipmi dan menyatakan bahwa sertifikat  Diklatda mutlak harus dipenuhi untuk seorang Caketum. Berhubung tidak ada perbaikan maka hanya satu yang lolos,” jelas dia.

Selanjutnya, Ia menjelaskan bagi Caketum yang lolos verifikasi administrasi wajib mengikuti tahapan berikutnya sesuai dengan Ketetapan yang telah ditentukan SC Musda XV BPD Hipmi Kalbar. 

"Kami SC prinsipnya terus mengacu kepada aturan yang ada. Sehingga proses demokrasi di Hipmi Kalbar ini berjalan sebagaimana mestinya," kata dia.

Sementara itu, Ketua Umum BPD Hipmi Kalbar, Denia Yuniarti Abdussamad menjelaskan bahwa proses Musda XV sejauh ini berjalan lancar dan semua yang dijalankan sebagaimana mekanisme yang ada.

"Pelaksanaan Musda XV Hipmi Kalbar berjalan sebagaimana tahap yang ada dan mekanisme sesuai aturan organisasi," jelas dia.

Terkait hasil penetapan Caketum, ia menyerahkan sepenuhnya kepada SC karena wewenang panitia. Panitia sejauh ini telah berjalan sebagaimana ketentuan organisasi terutama dalam pelaksanaan Musda.

"Kami mengajak semua terutama kader baik di dalamnya ada pengurus BPD maupun BPC untuk bersama mendukung dan mensukseskan Musda XV Hipmi Kalbar. Ini momen bersejarah dan berharga kita bersama,"ucapnya.

Pewarta: Dedi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021